Kompas.com - 16/05/2022, 11:18 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertolak ke Singapura untuk menghadiri konferensi Changi Aviation Summit 2022.

Ajang ini merupakan pertemuan yang dihadiri lebih dari 300 pemimpin industri penerbangan, pembuat kebijakan, dan eksekutif dari 45 negara, yang berlangsung di Singapura pada Selasa-Rabu, 17-18 Mei 2022.

Salah satu agenda yang akan dijalani oleh Menhub Budi Karya adalah pertemuan dengan pimpinan dua perusahaan pesawat besar dunia, yakni Airbus dan Boeing.

Pertemuan tersebut ada dalam daftar agenda yang diterima jurnalis, akan berlangsung pada Rabu (18/5/2022) pagi waktu Singapura.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati yang juga ikut dalam rombongan, mengonfirmasi agenda pertemuan Menhub Budi Karya dengan petinggi Airbus dan Boeing tersebut.

"Agendanya mereka (Airbus dan Boeing) akan memberikan update dan bagaimana mereka membantu (industri penerbangan dalam negeri) recover setelah pandemi," ujar Adita.

Dalam agenda tersebut, tercantum pihak Boeing akan diwakili oleh Senior Vice President perusahaan, Michael A. Arthur.

Baca juga: Kementerian Pertahanan RI Tanda Tangani Kontrak Pembelian 2 Airbus A400M

Selain pertemuan dengan dua petinggi pabrikan pesawat tersebut, agenda lain Menhub Budi Karya juga menjadi panelis disikusi Reviving Aviation Rebuilding Connection bersama dengan panelis lain, seperti Menteri Transportasi Malaysia, Dr. Wee Ka Siong; CEO Singapore Airlines, Goh Choon Pong; CEO Narita Airport, Akihiro Tamura; dan perwakilan Federal Aviation Administration (FAA).

Changi Aviation Summit tahun ini menjadi salah satu ajang industri penerbangan pertama di wilayah Asia pasca-pandemi Covid-29.

Acara yang dihelat oleh Civil Aviation Authority Singapore (CAAS) dan Kementerian Transportasi Singapura ini akan digelar di Sands Expo and Convention Centre, dengan peserta yang terdiri atas menteri perhubungan berbagai negara, eksekutif senior otoritas penerbangan sipil, organisasi internasional, serta penyedia layanan bandara, maskapai, dan pabrikan pesawat.

Dalam pertemuan ini, para pemimpin di industri penerbangan akan menegaskan komitmennya dalam membangun kembali operasi penerbangan internasional, dengan cara yang sustainable dan inklusif.

Baca juga: Kemlu AS Setujui Penjualan 36 Pesawat Tempur F-15 ke Indonesia Rp 199 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.