Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1,5 Juta Aplikasi Lawas yang Tak Dapat 'Update', Hilang dari Play Store dan App Store

Kompas.com - 18/05/2022, 19:31 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Toko aplikasi populer Apple App Store dan Google Play Store kabarnya menyembunyikan jutaan aplikasi lawas yang tidak lagi diperbarui oleh pengembang.

Aplikasi-aplikasi itu disembunyikan atau dihapus dari katalog App Store dan Play Store, sehingga tidak bisa ditemukan pengguna iOS dan Android.

Menurut laporan perusahaan analis Pixalate, sebanyak total 28 persen aplikasi di Play Store dan App Store telah diperbarui dalam enam bulan terakhir.

Akan tetapi, jumlah aplikasi yang lawas yang tidak di-update oleh pengembang, juga tercatat cukup banyak. Pixelate memperkirakan ada sepertiga aplikasi usang dari total aplikasi di App Store dan Play Store.

Baca juga: Aplikasi Lawas Bakal Disembunyikan Google dari Play Store

Pixalate menyebutkan ada total 1,5 aplikasi di App Store dan Play Store yang belum diperbarui dalam dua tahun terakhir, bahkan lebih lama. Sesuai dengan kebijakan baru perusahaan, aplikasi-aplikasi tersebut kemudian disembunyikan atau dihapus dari katalog toko.

Bila dirinci, Pixalate melaporkan aplikasi lawas yang disembunyikan di katalog Play Store sekitar 869.000, sementara di App Store ada sekitar 650.000 aplikasi. Mengapa aplikasi lawas yang tidak mendapat update harus dihapus atau disembunyikan?

Aplikasi yang tidak menerima update selama dua tahun atau bahkan lebih, dinilai rentan terhadap eksploitasi, sehingga membahayakan perangkat pengguna. Oleh karena itu, Apple dan Google menetapkan kebijakan baru yang memungkinkan perusahaan bisa menindak aplikasi tersebut.

Kebijakan baru Google menetapkan bahwa aplikasi dengan kategori tersebut akan disembunyikan dari katalog Play Store. Selain itu, aplikasi itu juga tidak akan muncul pada hasil pencarian.

Hal yang sama juga diberlakukan Apple di App Store. Dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (18/5), salah satu pengembang berkata aplikasi mereka akan dihapus jika tidak menggulirkan update lebih dari dua tahun.

Baca juga: 20 Aplikasi dengan Pendapatan Terbesar di Apple App Store dan Google Play Store

Aplikasi yang sering di-update lebih diminati

Terlepas dari jumlah aplikasi yang disembunyikan di Play Store dan App Store, jumlah aplikasi yang sering diperbarui tetap mendominasi.

Menurut laporan Pixalate, 68 persen atau lebih dari 3,1 juta aplikasi di App Store dan Play Store, sudah diperbarui dalam dua tahun terakhir.

Pixalate juga menunjukkan bahwa aplikasi yang lebih sering diperbarui, cenderung lebih banyak diunduh pengguna. Persentasenya mencapai 84 persen aplikasi, dengan jumlah unduhan lebih dari 100 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com