YouTube Luncurkan "Most Replayed", Permudah Tonton Bagian Video yang Sering Diulang

Kompas.com - 19/05/2022, 14:34 WIB

KOMPAS.com - YouTube termasuk rajin menambah fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna di platformnya.

Paling baru, platform streaming video milik Google ini resmi meluncurkan fitur anyar bernama "Most Replayed" (paling sering diputar ulang) secara global, mulai hari ini, Kamis (19/5/2022).

Sebelum dirilis ke pengguna yang lebih luas, fitur Most Played ini telah diuji coba secara terbatas ke pengguna YouTube premium beberapa waktu lalu.

Baca juga: 5 Tips Mudah Meningkatkan Subscribe Channel YouTube

"Sekarang kami bersemangat untuk menghadirkan fitur 'Most Played' kepada pemirsa di desktop dan seluler hari ini!" tulis Meaghan selaku Community Manager skaligus TeamYouTube di laman Support Google.

Sesuai namanya, fitur Most Replayed bakal memudahkan pengguna untuk meloncati (skip) bagian video yang tidak diinginkan dan langsung menonton bagian yang paling sering diputar ulang oleh pengguna lain.

Meaghan menjelaskan, nantinya, pengguna akan bisa melihat grafik preview di bagian progress bar (garis berwarna merah) untuk bagian video yang sering diputar ulang dengan (Most Replayed), seperti gambar di bawah.

Ilustrasi fitur Most Replayed di YouTube, permudah untuk langsung menonton bagian yang sering diputar ulang pengguna lain.TrustedReviews Ilustrasi fitur Most Replayed di YouTube, permudah untuk langsung menonton bagian yang sering diputar ulang pengguna lain.
Pengguna bisa langsung mengeklik preview tersebut untuk menonton bagian yang sering diputar ulang oleh pengguna.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Mode Restricted YouTube

Fitur Most Replayed ini bakal berguna ketika pengguna menonton video panjang yang tak dilengkapi dengan cap waktu (timestamp) atau penanda bab (video chapters).

"Jika grafiknya tinggi, maka bagian video itu sudah sering diputar ulang. Anda dapat menggunakan grafik untuk menemukan dan menonton momen tersebut dengan cepat," tulis Meaghan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (19/5/2022).

Pantauan KompasTekno, Kamis siang, fitur baru Most Played ini belum tersedia di situs youtube.com dan aplikasi YouTube versi 17.19.34 di ponsel Android.

Baca juga: Aplikasi YouTube Hemat Kuota Disetop Agustus 2022

Hal ini terbilang wajar karena biasanya fitur baru digelontorkan secara bertahap. Jadi, pengguna harus menunggu beberapa waktu hingga fitur Most Played tersedia di situs maupun aplikasi YouTube di ponselnya.

Selain fitur Most Played, YouTube turut merilis sejumlah fitur baru lainnya. Mulai dari fitur "loop" untuk memutar ulang video secara terus menerus dan fitur video chapter di perangkat SmartTV dan konsol game,

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.