Kompas.com - 21/05/2022, 14:04 WIB

KOMPAS.com - Meta, perusahaan induk dari WhatsApp, Facebook dan Instagram, resmi mengumumkan layanan WhatsApp Cloud API (antarmuka pemrograman aplikasi). Layanan ini diumumkan CEO Meta, Mark Zuckerberg dalam konferensi bertajuk Conversations 2022.

Melansir TechCrunch, WhatsApp Cloud API merupakan versi cloud dari WhatsApp Business API. API (Application Program Interface) sendiri adalah program yang ditujukan untuk membangun software. Dalam kasus ini, software yang dibangun adalah WhatsApp.

WhatsApp Business API sendiri merupakan platform premium untuk bisnis skala menengah dan besar yang mengharuskan pelanggan membayar biaya langganan. Adapun WhatsApp Cloud API dapat digunakan untuk semua skala bisnis dan tersedia secara gratis.

Baca juga: Diperbarui, Proses Onboard WhatsApp Business API Kini Hanya Butuh 5 Menit

Berdasarkan keterangan perusahaan, WhatsApp Cloud API merupakan tool berbasis cloud untuk pengembang, namun tetap di-hosting oleh Meta.

Jadi pelaku bisnis atau pengembang bisa menggunakan WhatsApp Cloud API untuk menyediakan layanan WhatsApp Business dengan fitur dan antarmuka yang dapat disesuaikan.

WhatsApp Cloud API diklaim akan membantu pelaku bisnis dan pengembang untuk mengoperasikan WhatsApp secara lebih ringkas.  Layanan ini akan tersedia secara gratis bagi pengguna WhatsApp Business Platform.

"Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa kami membuka WhatsApp untuk bisnis apapun, dengan ukuran berapapun di seluruh dunia dengan WhatsApp Cloud API," kata Zuckerberg dalam sambutannya di Conversations 2022, dikutip KompasTekno dari keterangan resmi yang diterima Sabtu (21/5/2022).

"Hanya dalam beberapa menit, setiap pelaku bisnis atau pengembang bisa dengan mudah mengakses layanan kami, membangun langsung WhatsApp yang dapat disesuaikan, sehingga mempercepat waktu respons mereka ke pelanggan, dengan menggunakan WhatsApp Cloud API," imbuhnya.

Baca juga: 5 Tips Menggunakan WhatsApp Business untuk Opimalkan Jualan Online

Selain membantu pelaku bisnis dan pengembang menyiapkan layanan pesan instan yang lebih cepat, Cloud API dinilai Meta dapat membantu mitra memangkas biaya server yang mahal.

Fasilitas ini juga menjadi solusi agar pelaku bisnis mendapat akses cepat ke fitur baru WhatsApp Business.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.