Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Umumkan Chip Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1

Kompas.com - 20/05/2022, 20:35 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Qualcomm mengumumkan system on chip (SoC) baru untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Terdapat dua chipset baru yang resmi diperkenalkan Qualcomm hari ini yaitu Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1.

Kedua chipset tersebut ditujukan untuk perangkat berbasis Android. Dengan begitu, chip ini akan tersedia pada beragam merk smartphone Android seperti Asus, Oppo, Xiaomi hingga Vivo.

Snapdragon 8+ Gen 1 sendiri merupakan bagian dari jajaran Snapdragon 8 series, melengkapi "saudaranya" Snapdragon 8 Gen 1 yang dirilis perusahaan pada akhir tahun 2021.

Baca juga: Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1, Bukan Snapdragon 898

Sementara Snapdragon 7 Gen 1, menjadi chip yang pertama dari Snapdragon 7 series yang menggunakan nomenklatur penamaan baru Qualcomm yang lebih sederhana. Chip ini merupakan penerus dari lini seri Snapdragon 778G yang dirilis pada Mei dan Oktober 2021.

Spesifikasi Snapdragon 8+ Gen 1

Snapdragon 8+ Gen 1 menjadi chipset flagship Qualcomm saat ini. Oleh karena itu, chip ini diperkaya beragam fitur mumpuni untuk menunjang aktivitas yang tergolong berat seperti bermain game mobile dan lainnya.

Berdasarkan keterangan Qualcomm yang diterima KompasTekno, Jumat (20/5/2022), Snapdragon 8+ Gen 1 memiliki CPU Kryo yang menawarkan pemrosesan 10 persen lebih cepat dan efisiensi daya hingga 30 persen dibanding Snapdragon 8 Gen 1.

Untuk grafisnya, chip ini menggunakan GPU Andreno yang ditingkatkan, sehingga diklaim menawarkan kecepatan hingga 10 persen dan kemampuan efisiensi daya hingga 30 persen guna menunjang pengalaman gameplay yang lebih baik ketimbang pendahulunya.

Baca juga: Qualcomm vs MediaTek, Ponsel Android Terbelah Dua Kubu Harga

Qualcomm turut menyematkan fitur Snapdragon Elite Gaming, sehingga chip ini menunjang tingkat respons yang cepat, tampilan HDR yang kaya warna seperti dekstop.

Dari aspek fotografi, Snapdragon 8+ Gen 1 dibekali teknologi Snapdragon Sight yang mampu mengakomodasi perekaman video HDR 8K. Dukungan ini dikatakan mampu menopang konten dengan format HDR10+ yang memuat lebih dari 1 miliar warna.

Selain itu, teknologi kecerdasan buatan pada chip ini mengunggulkan Qualcomm AI Engine Gen 7 yang diklaim bisa memberikan efek bokeh seperti Leica Leitz.

Sebagaimana Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8+ Gen 1 juga mendukung jaringan 5G berkat modem Snapdragon X65.

Fitur lainnya yang ikut melengkapi chip ini yaitu speaker berteknologi Snapdragon Sound, serta konektivitas WiFi dan bluetooth berbasis Qualcomm FastConnect 9600.

Baca juga: Ancaman di Balik Ponsel yang Pakai Qualcomm Snadragon 8 Gen 1

Chip ini dipastikan hadir pada perangkat bermerek ASUS, ROG, Black Shark, Honor, iQoo, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Osom, Realme, RedMagic, Redmi, Vivo, Xiaomi, dan ZTE, pada kuartal-III 2022.

Spesifikasi Snapdragon 7 Gen 1

Meski tergolong chipset kelas menengah, Snapdragon 7 Gen 1 turut menawarkan beberapa fitur Snapdragon Elite Gaming, seperti Adreno Frame Motion Engine, yang dapat menggandakan framerate untuk meningkatkan kualitas konten sambil mempertahankan konsumsi daya.

Adapun GPU Andreno yang dimiliki chip ini dikatakan mampu me-render grafis 20 persen lebih cepat dibanding pendhaulunya, Snapdragon 778G. Untuk dukungan visual, chip ini diklaim mendukung resolusi Quad HD+.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com