Kompas.com - 20/05/2022, 20:35 WIB

KOMPAS.com - Qualcomm mengumumkan system on chip (SoC) baru untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Terdapat dua chipset baru yang resmi diperkenalkan Qualcomm hari ini yaitu Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1.

Kedua chipset tersebut ditujukan untuk perangkat berbasis Android. Dengan begitu, chip ini akan tersedia pada beragam merk smartphone Android seperti Asus, Oppo, Xiaomi hingga Vivo.

Snapdragon 8+ Gen 1 sendiri merupakan bagian dari jajaran Snapdragon 8 series, melengkapi "saudaranya" Snapdragon 8 Gen 1 yang dirilis perusahaan pada akhir tahun 2021.

Baca juga: Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1, Bukan Snapdragon 898

Sementara Snapdragon 7 Gen 1, menjadi chip yang pertama dari Snapdragon 7 series yang menggunakan nomenklatur penamaan baru Qualcomm yang lebih sederhana. Chip ini merupakan penerus dari lini seri Snapdragon 778G yang dirilis pada Mei dan Oktober 2021.

Spesifikasi Snapdragon 8+ Gen 1

Snapdragon 8+ Gen 1 menjadi chipset flagship Qualcomm saat ini. Oleh karena itu, chip ini diperkaya beragam fitur mumpuni untuk menunjang aktivitas yang tergolong berat seperti bermain game mobile dan lainnya.

Berdasarkan keterangan Qualcomm yang diterima KompasTekno, Jumat (20/5/2022), Snapdragon 8+ Gen 1 memiliki CPU Kryo yang menawarkan pemrosesan 10 persen lebih cepat dan efisiensi daya hingga 30 persen dibanding Snapdragon 8 Gen 1.

Untuk grafisnya, chip ini menggunakan GPU Andreno yang ditingkatkan, sehingga diklaim menawarkan kecepatan hingga 10 persen dan kemampuan efisiensi daya hingga 30 persen guna menunjang pengalaman gameplay yang lebih baik ketimbang pendahulunya.

Baca juga: Qualcomm vs MediaTek, Ponsel Android Terbelah Dua Kubu Harga

Qualcomm turut menyematkan fitur Snapdragon Elite Gaming, sehingga chip ini menunjang tingkat respons yang cepat, tampilan HDR yang kaya warna seperti dekstop.

Dari aspek fotografi, Snapdragon 8+ Gen 1 dibekali teknologi Snapdragon Sight yang mampu mengakomodasi perekaman video HDR 8K. Dukungan ini dikatakan mampu menopang konten dengan format HDR10+ yang memuat lebih dari 1 miliar warna.

Selain itu, teknologi kecerdasan buatan pada chip ini mengunggulkan Qualcomm AI Engine Gen 7 yang diklaim bisa memberikan efek bokeh seperti Leica Leitz.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.