Kompas.com - 23/05/2022, 11:31 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - YouTube semakin dipenuhi dengan berbagai kreator konten yang mengunggah berbagai video kreatif hingga memiliki banyak penonton dan subscribers. Hal tersebut yang membuat video mereka akhirnya dapat dimonetisasi dan menghasilkan uang.

Ini lah yang menjadi daya tarik sebagian orang untuk mulai mencoba terjun di industri kreatif dengan menjadi YouTuber yang mengunggah konten-konten informatif dan menghibur.

Untuk membuat video YouTube tentu setiap YouTuber membutuhkan kamera yang canggih dengan kualitas terbaik. Namun bagi sebagian para pemula, Anda bisa mencoba membuat konten video hanya dengan bermodalkan kamera HP saja. 

Maka dari itu untuk selengkapnya berikut ini KompasTekno rangkum cara menjadi YouTuber hanya dengan modal HP khusus bagi para pemula. 

Baca juga: Cara Transkrip dan Merangkum Video YouTube, Cepat dan Mudah

Membuat akun Google

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Google. Akun Google ini yang akan menjadi kunci untuk mengakses seluruh produk Google lainnya, salah satunya adalah YouTube. Berikut ini caranya:

  • Masuk ke tautan berikut ini
  • Isi data diri berupa nama depan, belakang, nama pengguna, dan kata sandi
  • Klik “Berikutnya” untuk menambahkan dan verifikasi nomor telepon (opsional)
  • Klik “Berikutnya” maka akun Google Anda kini selesai dibuat
  • Setelah itu Anda dapat mengubah profil akun Google maupun ke tahap selanjutnya untuk membuat channel YouTube

Cara membuat channel YouTube

  • Buka laman berikut ini https://www.youtube.com/account
  • Klik “Create a Channel”
  • Isi informasi nama channel yang ingin Anda buat
  • Setelah itu lengkapi informasi lain mengenai channel YouTube Anda, hingga siap untuk digunakan mengunggah konten video

Baca juga: 5 Tips Mudah Meningkatkan Subscriber Channel YouTube

Cara menjadi YouTuber hanya dengan modal HP

Setelah selesai membuat akun Google dan melengkapi informasi channel YouTube, selanjutnya simak tips di bawah ini untuk membuat video di YouTube menggunakan HP.

Membuat ide konten yang menarik

Sebelum melakukan take video, tentu Anda akan merumuskan ide konten video apa yang akan dibuat. Anda dapat mencari referensi dan riset ide konten video YouTube di berbagai platform maupun membuat channel YouTube yang disesuaikan dengan niche yang Anda inginkan sendiri.

Misalnya saja Anda seorang desainer grafis dan ingin membuat berbagai tips dan trik terkait desain grafis, maka berbagai konten yang dibuat nantinya harus bertemakan desain grafis, seperti tips desain, tips memilih warna, cara menggunakan software desain, hingga prospek kerja desain grafis.

Pilih tempat yang tepat untuk merekam video

Jika Anda ingin merekam konten video di rumah saja, maka pilihlah ruangan yang tepat seperti minimnya terjadinya kebisingan, pencahayaan yang ideal, dan terdapat background video yang tepat. Beberapa hal ini lah yang nantinya juga akan menentukan kualitas video yang dihasilkan.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Mode Restricted YouTube

Mulai merekam dengan HP

Mulailah merekam dengan kamera HP Anda. Dalam hal ini setiap pengguna bebas memakai merk HP apa saja. Namun usahakan kamera ponsel dapat merekam video hingga kualitas 1080P hingga 4K.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.