Kompas.com - 18/05/2022, 15:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Mentranskrip video YouTube merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan seseorang ketika ingin merangkum suatu video tertentu. Contoh saja video webinar, tutorial, atau materi tertentu.

Namun mentranskrip video dengan cara manual saat ini dinilai sangat lambat dan tidak efisien. Anda harus mendengarkan perlahan audio video YouTube dan memberhentikan berulang kali untuk mendapatkan penjelasan yang jelas, diiringi dengan mengetik atau menulis hasil audio tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, terdapat situs ketiga yaitu Anthiago.com yang dapat Anda manfaatkan untuk mentranskrip video dengan cepat dan efisien.

Anthiago sendiri merupakan situs ketiga yang dapat digunakan untuk transkrip video untuk bahasa Spanyol, Inggris, Italia, Indonesia, Prancis, dan lain sebagainya.

Untuk selengkapnya berikut ini cara transkrip dan rangkum video YouTube dengan cepat dan mudah.

Baca juga: Fitur Transkrip Video YouTube Hadir di Android

Cara transkrip video YouTube

Cara transkrip video YouTubeAnthiago.com Cara transkrip video YouTube

  • Buka video YouTube yang ingin Anda transkrip
  • Salin link video YouTube
  • Buka situs Anthiago.com
  • Pilih “Bahasa Indonesia”
  • Tempel tautan video YouTube yang akan ditranskrip
  • Kemudian klik “Transkrip

Baca juga: Google Meet Uji Coba Fitur Transkrip Terjemahan ke Beberapa Bahasa

Nantinya akan muncul hasil transkrip dari video YouTube tersebut. Perlu diperhatikan bahwa hasil bahasa dari transkrip cukup tidak rapi sehingga membutuhkan pembenahan di bagian kata atau kalimat tertentu. Itulah cara transkrip dan merangkum video YouTube semoga memnbantu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.