Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates Ternyata Pakai Ponsel Lipat, tapi Bukan Buatan Microsoft

Kompas.com - 23/05/2022, 19:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates blak-blakan soal ponsel apa yang dia gunakan sehari-hari saat ini. Bila Anda menebak iPhone, Anda harus gigit jari.

Sebab, "Bapak Microsoft" itu ternyata menggunakan smartphone berbasis Android. Akan tetapi, ponsel lipat Android yang digunakan Bill Gates bukanlah Microsoft Surface Duo, smartphone layar lipat buatan Microsoft yang meluncur tahun 2020 lalu.

Justru, Bill Gates menggunakan ponsel lipat buatan Samsung, yakni Galaxy Z Fold3. Hal itu dia ungkapkan langsung dalam sebuah thread (utas) tanya jawab di situs forum online, Reddit

"Saya punya perangkat Android, Galaxy Z Fold 3. Saya ingin mencoba yang berbeda. Dengan layar (Z Fold 3), saya bisa mendapatkan PC portabel serta ponsel dan (kegunaan) lainnya," tulis Gates di Reddit.

Baca juga: Ponsel Android Lipat Microsoft Surface Duo Rilis September, Ini Harganya

Hal ini terbilang menarik, karena biasanya petinggi atau pendiri sebuah perusahaan, membanggakan produk bikinannya dengan memakainya dalam kehidupan sehari-hari.

Ini bukan kali pertama Gates menyatakan ia menggunakan perangkat Android. Sebab pada tahun 2017 ia pernah mengungkapkan hal yang sama, namun tanpa merinci tipe smartphone. Lantas mengapa kali ini Gates mau mengungkap secara gamblang?

Menurut 9to5Google, ada kemungkinan Gates memakai Galaxy Z Fold 3 karena kemitraan Microsoft dengan Samsung yang terjalin erat, sehingga memungkinkan berbagai perangkat perusahaan terintegrasi dengan Windows.

Lagipula salah satu orang terkaya dunia itu juga berkata bahwa ia ingin mencoba "yang berbeda".

Baca juga: 5 Buku yang Dibaca Bill Gates pada 2021

Micoroft sendiri sebetulnya sudah merilis dua ponsel lipat. Selain Microsoft Surface Duo, ada pula penerusnya, yakni Microsoft Surface Duo 2 yang rilis tahun lalu.

Keduanya dirancang mirip konsep lipatan Galaxy Z Fold3, yakni dilipat ke dalam layaknya sebuah buku. Dengan perangkat ini, pengguna bisa mendapatkan dua layar dengan engsel di tengahnya, sehingga tampilan perangkat menjadi lebih luas dalam memuat konten.

Microsoft Surface Duo 2 dalam beberapa mode lipatan.TheVerge Microsoft Surface Duo 2 dalam beberapa mode lipatan.

Baca juga: Ponsel Android Lipat Microsoft Surface Duo 2 Meluncur, Harga Rp 21 Juta

Di atas kertas, spesifikasi ponsel lipat Microsoft sebetulnya juga cukup mumpuni. Model paling baru misalnya, yakni Microsoft Surface Duo 2, ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 888 yang sudah didukung jaringan 5G.

Ponsel ini juga memiliki tiga kamera belakang yang terususun vertikal. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.7, OIS) kamera ultrawide 16 MP (f/2.2), dan kamera telephoto 12 MP (f/2.4, OIS, 2x optical zoom). Di bagian depannya, terdapat pula kamera selfie beresolusi 12 MP (f/2.0).

Layarnya juga telah mengadopsi panel AMOLED Dual PixelSense Fusion Display, berukutan 8,3 inci dengan reoslusi 2.688 x 1.892 piksel. Layar di bagian depan sendiri mengadopsi panel AMOLED Single PixelSense Screen dengan ukuran 5,8 inci dan resolusi 1.344 x 1.892 piksel.

Baca juga: Bill Gates: Elon Musk Bakal Memperburuk Twitter

Kedua layar ini sudah dibekali dengan teknologi refresh rate 90 Hz, tingkat kecerahan hingga 800 nits, serta kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Bahkan, Microsoft Surface Duo 2 juga sudah didukung stylus, yakni Surface Slim Pen 2, seperti Galaxy Z Fold3 yang juga sudah didukung S-Pen.

Hanya saja, Microsoft Surface Duo 2 hanya dijual di negara tertentu, seperti Amerika Serikat. Di AS, Microsoft menjual Surface Duo 2 dengan harga 1.500 dolar AS atau sekitar Rp 21,3 juta, lebih terjangkau dibanding kompetitornya Galaxy Z Fold 3 yang dibanderol dengan harga termurah 1.800 dolar AS (sekitar Rp 25,7 juta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com