Kompas.com - 24/05/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Pengguna dapat turut memantau penerbangan pesawat dari bandara keberangkatan hingga tiba ke tujuan akhirnya secara online, dengan memanfaatkan aplikasi smartphone (HP) bernama FlightRadar24.

Dengan fitur yang disediakan FlightRadar24, pengguna dapat melacak perjalanan dari suatu pesawat di berbagai wilayah, termasuk kondisi lalu lintas udara yang tengah terjadi secara langsung atau live.

Baca juga: Apa Itu Starlink? Layanan Internet Satelit yang Dijanjikan Hadir di Indonesia Mulai 2023

Adapun data penerbangan pesawat yang disajikan FlightRadar24 itu berasal dari berbagai alat, salah satunya seperti ADS-B (Automatic Dependent Surveillance-Broadcast) yang tertanam di beberapa pesawat.

Data penerbangan yang termuat di ADS-B itu akan ditransmisikan ke receiver FlightRadar24, lalu akan ditampilkan pada layar aplikasi. Dikutip dari laman resmi FlightRadar24, setidaknya mereka memiliki 20.000 receiver yang tersebar secara global.

Selain lewat alat tersebut, data penerbangan pesawat dari FlightRadar24 juga bersumber dari radar milik otoritas penerbagan di sebuah negara. Dengan data yang dimiliki, informasi yang termuat di FlightRadar24 bisa dikatakan cukup akurat.

Aplikasi ini bisa diunduh via Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS) secara gratis. Namun, terdapat beberapa fitur yang tidak bisa diakses pada FlightRadar24 versi gratis, salah satunya seperti informasi cuaca saat penerbangan.

Bila ingin mengakses semua fiturnya, pengguna perlu mengeluarkan biaya langganan sekitar Rp 469.000 per tahun. Kendati tak dapat mengakses semua fitur, FlightRadar24 versi gratis rasanya cukup bila hanya untuk cek penerbangan pesawat secara live.

Sudah penasaran dengan bagaimana cara cek pesawat sudah di mana? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara melacak penerbangan pesawat online

  • Buka aplikasi FlightRadar24 yang telah terunduh dan terpasang di HP
  • Setelah aplikasi termuat, pertama kali bakal muncul peta dunia serta kondisi lalu lintas udara yang tengah berlangsung
  • Untuk mulai melacak penerbangan pesawat, silakan klik kolom pencarian
  • Cara pesawat yang hendak dipantau perjalanannya, pencarian bisa berdasar nomor penerbangan, nama pesawat, bandara, dan lokasi pesawat terdekat
  • Setelah ditemukan, bakal muncul rute penerbangan dari pesawat tersebut ke bandara tujuan di peta
  • Dari rute itu, pelacakan penerbangan pesawat bisa dilakukan
  • Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, silakan klik opsi “more info” pada yang bakal terletak pada bagian bawah layar aplikasi saat rute penerbangan pesawat telah ditemukan
  • Pada opsi tersebut terdapat informasi seperti ketinggian pesawat, kecepatan, serta lokasinya berdasarkan garis bujur dan garis lintang.

Ilustrasi cara melacak penerbangan pesawat via FlightRadar24KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara melacak penerbangan pesawat via FlightRadar24

Baca juga: Apa Itu MLFF, Sistem Pembayaran Tol Baru yang Bakal Gantikan E-toll?

Sebagai informasi tambahan, cara melacak penerbangan pesawat online lewat aplikasi FlightRadar24 tersebut dijajal pada iPhone berbasis iOS 15.4.1. Jadi, letak opsi dan tahapannya mungkin bakal berbeda dengan di Android.

Demikian informasi seputar cara melacak penerbangan pesawat online via FlightRadar24 di HP, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.