Kompas.com - 25/05/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Melamar kerja kini lebih mudah berkat kehadiran internet. Pengguna bisa mencari dan melamar kerja dari manapun dan kapanpun secara daring.

Melamar kerja online itu dimungkinkan karena terdapat beberapa layanan internet yang kerap dipakai untuk melangsungkan proses rekrutmen karyawan, salah satunya seperti e-mail atau surat elektronik.

Baca juga: 8 Aplikasi Gratis untuk Edit Foto di Android dan iOS

Beberapa HRD (Human Resource Development) perusahaan biasanya menggunakan e-mail untuk jadi wadah dalam menampung pengiriman surat dan berkas lamaran kerja. E-mail juga biasa dipakai buat memberikan informasi terkait hasil proses rekrutmen.

Di setiap proses rekrutmen, HRD bakal memberikan penilaian terhadap calon karyawan, termasuk pada saat pengiriman surat dan berkas lamaran kerja via e-mail. Mengirim lamaran kerja lewat e-mail itu tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Ada beberapa standar umum yang perlu diketahui dan mungkin beberapa pengguna belum memahaminya. Misalnya, sebuah perusahaan membuka lowongan kerja dengan syarat hanya mengirimkan berkas berkas riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV).

Kendati hanya mengirim CV, tapi bukan berarti pelamar tidak perlu melengkapinya dengan semacam pengantar di e-mail, seperti identitas, tujuan melamar kerja, atau pengalaman singkat.

Bila saat mengirim lamaran kerja lewat e-mail tak memenuhi standar tersebut maka pelamar bakal cenderung sulit untuk dilirik HRD. Lantas, bagaimana cara mengirim CV ke e-mail?
Atau, apa saja yang harus dikirim saat melamar kerja via e-mail?

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan cara melamar kerja lewat e-mail, sebagaimana dilansir laman Indeed, platform digital penyalur lowongan kerja.

Cara melamar kerja lewat e-mail

1. Persiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan

Langkah pertama sebelum mulai melamar kerja lewat e-mail adalah mempersiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan. Berkas syarat lamaran kerja biasanya berbeda-beda tergantung dari yang diminta perusahaan.

Berkas yang umum diminta adalah surat lamaran kerja (motivation letter) dan riwayat hidup (CV). Selain itu, tak menutup kemungkinan perusahaan bakal meminta salinan kartu identitas, sertifikat pengalaman kerja, pas foto, dan sebagainya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber indeed.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.