Kompas.com - 24/05/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal China, Huawei menjalin kerja sama selama beberapa tahun dengan perusahaan kamera kenamaan, Leica. Namun, kerja sama yang dimulai sejak tahun 2016 tersebut resmi berakhir.

Huawei mengonfirmasi berakhirnya kerja sama dengan Leica resmi berakhir pada akhir Maret lalu.

"Kami mengonfirmasi bahwa kerja sama antara kedua perusahaan kami berakhir pada 31 Maret," kata perwakilan Huawei kepada Android Authority, yang dirangkum KompasTekno, Selasa (24/5/2022).

Leica merupakan produsen kamera kenamaan asal Jerman. Bersama Leica, Huawei mengembangkan teknologi kamera yang kemudian diterapkan pada smartphone flagship Huawei.

Baca juga: Huawei Umumkan Kerja Sama dengan Leica

Smartpone pertama hasil kolaborasi keduanya adalah Huawei P9. Ponsel itu dibekali kamera utama 12 MP, serta kamera monokrom 12 MP.

Tidak hanya merancang desain kamera, Leica juga menyumbang algoritma pengolah gambar yang mampu menambah warna khas pada foto-foto hasil jepretan ponsel Huawei.

Selain Huawei P9, teknologi kamera Leica juga tersemat di beberapa ponsel flagship Huawei, termasuk Huawei P series.

Namun, berakhirnya kerja sama dengan Huawei membuat teknologi Leica juga terhenti di model P series. Adapun ponsel flagship Huawei terakhir yang masih dibekali teknologi Leica adalah Huawei P50 dan 50 Pro.

Sementara Huawei P50 Pocket yang merupakan bagian dari P50 series, tidak menggunakan teknologi Leica sebagaimana "saudaranya". Huawei P50 Pocket diluncurkan pada Desember 2021, beberapa bulan sebelum kemitraan Huawei dengan Lica berakhir.

Baca juga: Leica dan Huawei Bikin Pusat Riset Fotografi

Adapun flagship Huawei mendatang yang diduga disebut Mate 50, dapat dipastikan rilis tanpa teknologi kamera Leica.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.