Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2022, 14:01 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok meluncurkan mini-game dalam aplikasinya. Upaya ini ditempuh perusahaan asal China itu guna meningkatkan aktivitas pengguna dalam aplikasi TikTok.

Meski hadir dalam aplikasi, ketersediaan mini-game ini masih terbatas karena TikTok baru mengujinya ke pengguna di Vietnam.

Menurut sumber yang dikutip Reuters, TikTok berencana untuk menghadirkan game ke level berikutnya. Sebab, sejauh ini perusahaan juga sudah menawarkan opsi streaming game, sehingga tersedianya mini-game akan menambah fitur permainan dalam aplikasi.

Mini-game pada aplikasi TikTok sendiri akan dibuat sederhana. Aplikasi game itu dirancang dengan basis HTML5 yang akan dikembangkan oleh developer dan studio gim pihak ketiga seperti Zynga.

Baca juga: Cara Menghapus Watermark di Video TikTok

Praktik yang sama juga dilakukan Facebook dan diperluas ke Messenger, Snapchat dan lainnya.

Selain meningkatkan keterlibatan pengguna dalam aplikasi, cara ini juga kabarnya berguna untuk meningkatkan pendapatan iklan perusahaan melalui iklan dalam game, game bersponsor dan lainnya.

Namun upaya yang perlu ditempuh TikTok juga terbilang tidak sederhana. Sebab, perusahaan memerlukan lisensi agar bisa menampilkan game pada platformnya di Vietnam.

Selain itu, pemerintah setempat juga menetapkan batasan pada game yang menggambarkan perjudian, kekerasan dan konten vulgar, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: TikTok Siapkan Fitur Branded Mission, Bikin Video Iklan Bisa Dapat Uang

Meski ketahuan menguji coba mini-game dalam aplikasi, TikTok, menolak memberikan tanggapan.

Juru bicara perusahaan melalui e-mail hanya berkata "Kami selalu mencari cara untuk memperkaya platform kami dan rutin menguji fitur serta integrasi baru yang membawa nilai tambah bagi komunitas kami."

Perusahaan induk TikTok, ByteDance juga menolak memberikan tanggapan.

Uji TikTok Live Studio untuk streaming game

Akhir tahun lalu TikTok dilaporkan menguji fitur bernama TikTok Live Studio. Fitur ini tersebut memungkinakan kreator TikTok melakukan siaran TikTok Live langsung dari laptop.

Baca juga: Daftar Game E-sports yang Sumbang Medali di SEA Games 2021

Karena fitur itu berupa program Windows, TikTok Live Studio tidak digabung dalam aplikasi TikTok biasa. Melainkan, kreator harus terlebih dulu mengunduh software TikTok Live Studio ke desktop.

Setelah diunduh, kreator bisa log in menggunakan akun TikTok miliknya. Lalu, dengan software ini pengguna bisa melakukan siaran TikTok Live langsung dari laptop.

Sebelumnya, kreator TikTok sebenarnya juga sudah bisa melakukan TikTok Live di laptop. Namun, mereka harus mengunduh software live stream dari pihak ketiga seperti Streamlabs atau OBS Studio, misalnya.

Pihak TikTok mengatakan kepada TechCrunch, saat ini, program TikTok Live Studio hanya tersedia secara terbatas untuk ribuan pengguna di negara Barat. Selain itu, pihak TikTok juga belum bisa memastikan bahwa software TikTok Live Studio ini bakal benar-benar dirilis ke seluruh kreator TikTok.

Baca juga: Instagram Uji Coba Tampilan Mirip TikTok

Bagi kreator konten, software streaming untuk desktop memiliki peran penting, karena smartphone tidak didesain untuk bisa terhubung ke konsol game dan aplikasi streaming pada saat yang bersamaan.

Dengan demikian, ada peluang pengguna TikTok bisa merasakan pengalaman main game sambil live streaming layaknya di platform Twitch, apabila software ini dirilis ke lebih banyak pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com