Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp per Oktober 2022

Kompas.com - 24/05/2022, 11:45 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Beberapa model iPhone, terutama keluaran lama, bakal tidak bisa menjalankan aplikasi pesan instan WhatsApp. Pasalnya, WhatsApp telah memperbarui spesifikasi minimum untuk sistem operasi iOS yang dapat menjalankan platformnya.

Terhitung 24 Oktober 2022 mendatang, aplikasi pesan singkat naungan Meta ini hanya bisa dijalankan oleh perangkat iPhone berbasis iOS 12 atau versi yang lebih baru.

Artinya, WhatsApp tak lagi berfungsi bagi pengguna yang masih menggunakan iPhone dengan sistem operasi iOS 10 dan iOS 11. Saat ini hanya terdapat segelintir ponsel saja yang masih mengandalkan kedua versi iOS itu.

Baca juga: iPhone Berikut Tak Lagi Bisa Pakai WhatsApp Mulai 24 Oktober

Sederet perangkat tersebut adalah iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S. Untuk memenuhi syarat agar bisa menggunakan WhatsApp, perangkat wajib melakukan upgrade software ke iOS 12.

Sayangnya, tidak semua model iPhone bisa melakukan upgrade lantaran perangkat sudah tidak mendukung. Walhasil, iPhone tersebut tidak akan bisa menggunakan WhatsApp mulai Oktober mendatang.

Berikut adalah daftar iPhone yang tidak bisa menggunakan WhatsApp per 24 Oktober 2022 karena tidak lagi bisa di-upgrade ke iOS 12 atau versi lebih baru:

  • iPhone 5
  • iPhone 5C

Dengan demikian, pengguna iPhone 5 dan iPhone 5C hanya bisa menggunakan WhatsApp hingga sebelum tanggal 24 Oktober 2022 mendatang.

Baca juga: Apa Itu Socialspy WhatsApp yang Disebut Alat untuk Menyadap? Apakah Aman Digunakan?

Sementara itu, pengguna iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6S yang kini masih menjalankan iOS 10 atau iOS 11, masih bisa melakukan upgrade software ke iOS 12 atau versi lebih baru jika mendukung.

Apabila memungkinkan, pengguna diimbau untuk mengganti perangkat yang mendukung software versi lebih baru. Sebab, tidak menutup kemungkinan bagi WhatsApp untuk kembali meningkatkan spesifikasi minimum untuk menjalankan platformnya.

Hal yang terbilang lumrah untuk dilakukan mengingat WhatsApp rutin menggelontorkan fitur-fitur terbaru yang hanya mampu mendukung sistem operasi tertentu, terutama perangkat yang menjalankan sistem operasi versi terbaru.

Baca juga: 3 Cara Menonaktifkan WhatsApp di iPhone Tanpa Mematikan Data

Cara cek versi dan upgrade iOS

Sebelum melakukan upgrade software, pengguna iPhone dapat terlebih dahulu mengecek versi iOS yang digunakan. Cara cek versi iOS di iPhone adalah melalui menu setting/pengaturan > general/umum.

Informasi versi sistem operasi biasanya ada di bagian bawah. Apabila ponsel masih menjalankan sistem operasi lama, tidak ada salahnya segera memperbarui ke versi terbaru, jika masih mendukung.

Dihimpun KompasTekno dari 9to5 Mac, Selasa (24/5/2022), pengguna hanya perlu menekan opsi "Pembaruan Perangkat Lunak/Upgrade Software" untuk mulai mengunduh file yang diperlukan untuk upgrade OS.

Baca juga: 2 Cara Cek Versi iOS di iPhone dan iPad dengan Mudah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com