BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

5 Hal Berikut Efektif Dongkrak Produktivitas Selama WFA, Bisa Dicoba!

Kompas.com - 24/05/2022, 11:27 WIB

KOMPAS.com – Bekerja dari mana saja atau work from anywhere (WFA) kini menjadi tren di kalangan pekerja Indonesia. Skema ini menjadi alternatif dari sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) yang diterapkan saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada awal 2020.

Adapun tren WFA muncul seiring penurunan kasus Covid-19 pada awal 2022 sehingga masyarakat diperbolehkan beraktivitas di luar ruangan, termasuk bekerja.

WFA diminati lantaran seseorang bisa bebas bekerja dari mana saja, seperti di coffee shop, perpustakaan, atau working space. Jadi, tidak mesti bekerja di rumah. Bahkan, tak sedikit pelaku WFA memilih bekerja dari luar kota atau pulau yang menjadi destinasi wisata. Contohnya, Bali.

Meski bebas bekerja dari mana saja, karyawan wajib menjaga produktivitas.

Berikut Kompas.com rangkumkan lima hal yang harus dilakukan agar produktivitas kerja selama WFA tetap terjaga.

Baca juga: Antilag, Berikut 3 Cara Atasi Gangguan Saat Bermain Mobile Game

1. Susun jadwal harian

Jadwal harian dan daftar pekerjaan wajib disusun karena dapat menjadi panduan untuk menentukan prioritas saat bekerja. Dengan begitu, kamu tetap fokus sehingga tugas yang dipercayakan tuntas tanpa ada yang terlewat.

Cara menyusun jadwal harian cukup mudah, yaitu dengan menulis daftar tugas berdasarkan skala prioritas, baik di buku agenda maupun sticky note pada laptop. Kamu juga bisa memasukkan agenda rapat atau meeting pada jadwal tersebut.

2. Disiplin waktu

Kedisiplinan tinggi diperlukan agar produktivitas kerja tetap terjaga saat WFA. Ini mengingat, skema kerja tersebut tidak diawasi secara langsung oleh atasan ataupun bagian kepatuhan dari internal perusahaan.

Agar bisa disiplin, kamu wajib mematuhi jadwal harian yang sudah disusun. Kemudian, jangan meninggalkan pekerjaan pada jam kerja meski ada godaan untuk melakukan aktivitas lain yang sebenarnya tak krusial.

3. Tentukan ruang kerja

Ruang kerja yang nyaman dipercaya dapat menentukan kualitas output kerja seseorang. Oleh karena itu, usahakan pilih spot yang ideal untuk WFA.

Baca juga: Berkat AI, Kamera Smartphone Kini Mampu Hasilkan Fotograf Menarik Layaknya DSLR

Bila WFA dilakukan di coffee shop, hindari outlet yang ramai pengunjung dan menyetel musik bervolume tinggi. Sebaiknya, pilih kedai kopi yang cenderung sepi agar pikiran tetap fokus.

Jika menjalani WFA di penginapan, pilih ruangan dengan sistem pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Pastikan pula area itu memiliki meja dan kursi yang nyaman digunakan saat bekerja.

Ilustrasi aktivitas bersama keluarga saat libur panjangDok. Oppo Indonesia Ilustrasi aktivitas bersama keluarga saat libur panjang

4. Luangkan waktu untuk istirahat

Hal yang tak kalah penting dilakukan saat WFA adalah menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak.

Bila mulai merasa letih, cobalah pergi ke halaman untuk sekadar menghirup udara segar. Lakukan juga peregangan sederhana, mulai dari leher, tangan, bahu, hingga kaki.

Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan musik atau menonton film seri di waktu senggang agar pikiran kembali segar.

5. Gunakan perangkat kerja cerdas

Agar output pekerjaan lebih maksimal, gunakan perangkat kerja dengan fitur andal yang bisa menunjang produktivitas. Misalnya, laptop.

Baca juga: Wajib Dicoba! 3 Kegiatan Berikut Bikin Keluarga Makin Akrab saat Liburan

Perangkat tersebut diperlukan untuk menunjang pekerjaan yang terkait dengan menulis, editing dokumen, memindah, serta mengirim file.

Selain laptop, kamu juga bisa menyiapkan speaker mini dan headphone. Kedua perangkat ini dapat membantu dalam berkomunikasi dan menyimak informasi yang disampaikan rekan kerja saat rapat virtual.

Oppo Reno7 5G tampil dengan bodi dan desain trendi yang menunjang penampilan serta kenyamanan penggunanya.  Dok. Oppo Indonesia Oppo Reno7 5G tampil dengan bodi dan desain trendi yang menunjang penampilan serta kenyamanan penggunanya.

Berikutnya, perangkat yang juga tak kalah krusial dimiliki untuk mendongkrak produktivitas kerja saat WFA adalah smartphone. Pastikan smartphone yang digunakan terhubung dengan sambungan jaringan internet generasi kelima (5G) agar komunikasi berjalan lancar.

Salah satu smartphone andal yang mendukung konektivitas 5G adalah Oppo Reno7 5G. Untuk diketahui, Oppo merupakan produsen ponsel pintar dengan kualitas mumpuni sekaligus sebagai leading 5G technology smartphone.

Oppo Reno7 5G sendiri dibenami fitur-fitur cerdas yang bisa digunakan untuk mendukung pekerjaan saat WFA.

Pertama, PC Connect. Dengan fitur ini, kamu bisa menyinkronkan Reno7 5G dengan laptop. Kamu juga dapat melakukan mirroring layar smartphone dan mengakses isinya secara langsung dari laptop sehingga lebih efisien.

Baca juga: Catat, 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Smartphone Baru untuk Lebaran

Selain itu, PC Connect juga memudahkan untuk melakukan transfer file dari smartphone ke laptop dan sebaliknya cukup dengan melakukan drag and drop saja. Saat smartphone terhubung ke laptop, akan muncul pilihan untuk menyimpan hasil foto atau screenshot yang baru saja diambil.

Kedua, Air Gestures. Fitur ini memungkinkan pengguna mengoperasikan Reno7 5G tanpa harus menyentuh layar. Misalnya, ketika sedang sibuk bekerja, kamu dapat menjawab atau membisukan panggilan, serta scrolling ke atas dan bawah pada aplikasi tertentu hanya lewat lambaian tangan.

Ketiga, Adaptive Sleep. Fitur ini memberikan kenyamanan saat kamu sedang asyik membaca buku, mengecek laporan atau browsing referensi tanpa perlu khawatir layar smartphone tiba-tiba terkunci.

Oppo Reno7 5G sendiri dibenami fitur-fitur cerdas yang bisa digunakan untuk mendukung pekerjaan saat WFA. Salah satunya adalah PC Connect. Dengan fitur ini, kamu bisa menyinkronkan Reno7 5G dengan laptop. Kamu juga dapat melakukan mirroring layar smartphone dan mengakses isinya secara langsung dari laptop sehingga lebih efisien. 
Dok. Oppo Indonesia Oppo Reno7 5G sendiri dibenami fitur-fitur cerdas yang bisa digunakan untuk mendukung pekerjaan saat WFA. Salah satunya adalah PC Connect. Dengan fitur ini, kamu bisa menyinkronkan Reno7 5G dengan laptop. Kamu juga dapat melakukan mirroring layar smartphone dan mengakses isinya secara langsung dari laptop sehingga lebih efisien.

Oppo Reno7 5G memanfaatkan kamera depan dan algoritma artificial intelligence (AI) untuk mendeteksi keberadaan pengguna dan memastikan layar tidak akan meredup atau mati secara otomatis saat kamu masih menatap layar.

Keempat, Anti-peeping for Notification. Fitur cerdas ini dirancang untuk melindungi privasi pengguna. Berbekal algoritma AI, Anti-peeping for Notification dapat mendeteksi orang lain yang sedang melihat layar smartphone secara otomatis. Saat fitur ini diaktifkan, notifikasi pop-up akan disembunyikan untuk mencegah orang lain mengintip layar.

Baca juga: Mudik Antibosan, Siapkan 5 Aplikasi Berikut di Smartphone Selama Perjalanan

Kelima, AI System Booster. Fitur ini berfungsi untuk memastikan responsivitas maksimum setiap saat dengan memfokuskan daya central processing unit (CPU) pada aplikasi yang sedang digunakan.

Dengan begitu, proses multitasking beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, atau membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, tetap berjalan mulus tanpa ngelag.

Selain punya kelima fitur cerdas tersebut, Oppo Reno7 5G juga ditenagai chipset MediaTek Dimensity 900 5G yang kompatibel dengan jaringan 5G pada frekuensi band N1, N3, dan N40.

Untuk menunjang kenyamanan pengguna, Oppo Reno7 5G telah dibekali teknologi fast charging 65W SuperVOOC dan baterai berkapasitas 4.500 miliampere hour (mAh). Dengan teknologi ini, Oppo Reno7 5G hanya membutuhkan waktu sekitar 31 menit agar daya pada baterai terisi 100 persen.

Oppo Reno7 5G juga dilengkapi fitur Air Gestures. Fitur ini memungkinkan pengguna mengoperasikan Reno7 5G tanpa harus menyentuh layar. Misalnya, ketika sedang sibuk bekerja, kamu dapat menjawab atau membisukan panggilan, serta scrolling ke atas dan bawah pada aplikasi tertentu hanya lewat lambaian tangan.Dok. Oppo Indonesia Oppo Reno7 5G juga dilengkapi fitur Air Gestures. Fitur ini memungkinkan pengguna mengoperasikan Reno7 5G tanpa harus menyentuh layar. Misalnya, ketika sedang sibuk bekerja, kamu dapat menjawab atau membisukan panggilan, serta scrolling ke atas dan bawah pada aplikasi tertentu hanya lewat lambaian tangan.

Reno7 5G juga dibekali random access memory (RAM) dan ruang penyimpanan data yang luas. Oppo Reno7 5G dibekali RAM 8 gigabita (GB) yang bisa diperluas hingga 5 GB. Ruang penyimpanan data smartphone ini mencapai 256 GB. Bahkan, kapasitas tersebut bisa ditambah dengan kartu microSD hingga 1 terabita (TB).

Baca juga: Anti-Mati Gaya, Berikut 4 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Lebaran dengan Smartphone

Untuk memberi pengalaman hiburan yang lebih imersif, seperti gaming, multimedia, atau media sosial (medsos), Oppo Reno7 5G dilengkapi layar AMOLED 6,4 inci dengan refresh rate 90 hertz (hz).

Sebagai informasi, Reno7 5G dibanderol dengan harga Rp 7.499.000. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Reno7 5G, silakan kunjungi tautan berikut.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.