Kompas.com - 25/05/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Pada 24 Mei 2022, Google Street View berulang tahun yang ke-15. Pada 2007 silam, Street View sendiri lahir sebagai fitur yang mampu menyajikan foto panorama jalanan dalam format 360 derajat di layanan peta digital Google Maps.

Nah, untuk merayakan ulang tahun ke-15, Google mengumumkan beberapa hal baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna ketika menggunakan Street View.

Salah satunya adalah fitur "kapsul waktu" yang bisa membawa pengguna menjelajah panorama atau foto sebuah tempat dari tahun ke tahun.

"Hari ini, kami memperkenalkan kamera terbaru Street View, memberi Anda lebih banyak cara untuk menjelajahi citra historis," tulis Ethan Russell selaku Director of Product di Google Map di Blog Google.

Baca juga: Google Maps Pamerkan Mode Immersive View untuk Menjelajah Virtual

Kapsul waktu

Pertama, fitur kapsul waktu Street View. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk "kembali ke masa lalu" dan menjelajahi suatu tempat melalui Street View.

Russell menjelaskan, kapsul waktu Street View telah dirilis secara global mulai 24 Mei 2022.

Fitur kapsul waktu Street View bisa diakses melalui aplikasi Google Maps di ponsel berbasis Android maupun iOS.

Google Street View kedatangan fitur baru berupa kapsul waktu, bisa melihat perubahan lokasi dari waktu ke waktu.Blog Google Google Street View kedatangan fitur baru berupa kapsul waktu, bisa melihat perubahan lokasi dari waktu ke waktu.
Caranya, pengguna hanya perlu mencari lokasi yang diinginkan. Buka lokasi dalam mode Street View. Lalu, ketuk di mana saja pada foto untuk melihat informasi tentang lokasi tersebut.

Nah, pengguna hanya perlu mengeklik "See more dates" (Lihat tanggal lainnya) untuk melihat citra historis yang telah diterbitkan oleh Google dari tempat itu, sejak Street View diluncurkan pada 2007.

Baca juga: Mafia Buronan 20 Tahun Tertangkap berkat Google Street View

Menurut Russell, fitur baru kapsul waktu Street View ini berguna untuk melihat bagaimana suatu tempat telah berubah dan berkembang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.