Kompas.com - 24/05/2022, 17:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pabrikan cip MediaTek resmi merilis chipset terbarunya dari keluarga Helio yang diberi nama Helio G99.

Chipset ini merupakan "saudara" Helio G96 yang dirilis pada 2021 lalu dan dirancang dengan teknologi fabrikasi 6 nanometer (nm).

Dengan proses fabrikasi yang ditingkatkan dari Helio G96 (12 nm), MediaTek mengeklaim bahwa chipset Helio G99 ini 30 persen lebih hemat daya dibanding pendahulunya itu.

Jika melihat spesifikasinya lebih lanjut, System-on-Chip (SoC) teranyar ini ditujukan untuk  ponsel 4G di segmen kelas menengah (mid-range). MediaTek sendiri mengatakan bahwa ponsel ini dirancang untuk menunjang aktivitas gaming.

Di atas kertas, chipset Mediatek Helio G99 dibekali dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa core).

Baca juga: MediaTek Luncurkan SoC Dimensity 1050 dengan Dukungan 5G mmWave

Kedelapan inti tersebut terdiri dari dua inti Arm Cortex-A76 performa tinggi dengan kecepatan clock 2,2 GHz, serta enam buah inti Arm Cortex-A55 berkecepatan 2,0 GHz untuk efisiensi daya.

CPU di chipset Mediatek Helio G99 ini lantas dipadukan dengan unit pengolah grafis (GPU) Arm Mali-G57 MC2, serta dukungan RAM berjenis LPDDR4X dan media penyimpanan (storage) bertipe UFS 2.2.

Pada sektor display, chipset ini mendukung layar hingga resolusi Full HD Plus serta refresh rate hingga 120 Hz.

Fitur lainnya di chipset ini mencakup dukungan kamera hingga resolusi 108 MP, serta fitur konektivitas berupa Bluetooth 5.2, Wi-Fi 5, dan Cat-13 4G LTE.

Baca juga: MediaTek Masih Unggul dari Qualcomm di Pasar Chipset Global

Ada pula fitur HyperEngine 2.0 Lite yang diklaim bisa memberikan performa hardware maksimal dan pengalaman gaming mumpuni ketika ponsel dipakai untuk bermain game.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Selasa (24/5/2022), ponsel pertama yang ditenagai chipset ini ditaksir bakap meluncur sekitar kuartal-III tahun ini (Juli-September).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GizChina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.