Kompas.com - 25/05/2022, 08:41 WIB

KOMPAS.com - Instagram mengumumkan desain baru untuk tampilan antarmuka/user interface (UI). Ada beberapa elemen di bagian desain yang dipermak, seperti font, logo, dan tata letak baru. Kendati demikian, perubahan ini tampaknya tidka begotu mencolok.

Menurut Instagram, upaya ini sengaja dilakukan untuk memberikan penyegaran visual, sekaligus lebih menonjolkan identitas aplikasi.

"Instagram punya tampilan baru. Identitas brand kami yang baru, dirancang untuk merangkul evolusi dan membantu kami menciptakan pengalaman yang lebih inklusif," kata CEO Instagram, Adam Mosseri dalam unggahannya di Twitter dengan handle @mosseri.

Baca juga: Instagram Uji Tampilan Baru IG Stories, Tidak Lagi Titik-titik Kecil Berderet

Font baru: Instagram Sans

Salah satu elemen baru yang diperkenalkan adalah font anyar yang diberi nama Instagram Sans.

Font ini terinspirasi dari logo Instagram yang tersusun atas perpaduan bentuk persegi dan lingkaran, atau yang juga dikenal dengan sebutan "squircles".

Instagram Sans memiliki bentuk dan ketebalan yang cukup beragam, meliputi Instagram Sans Regular, Bold, Light, Medium, Condensed dan Condensed Bold. Font baru ini bisa dicoba di IG Stories atau Reels.

Dalam blog resmi, Instagram mengatakan perusahaan menggandeng ahli bahasa dari seluruh dunia agar bisa membuat gaya huruf baru yang sesuai dengan aksara beberapa negara, termasuk aksara dari negara Arab, Thailand, dan Jepang. Bentuk font Instagram Sans dapat dilihat melalui tautan berikut. 

Baca juga: Cara Bikin Avatar di Instagram serta Membagikannya ke DM dan Stories

Logo baru dengan gradien warna lebih cerah

Selain menghadirkan font baru, Instagram juga mengubah desain visual pada aplikasinya. Pengguna Instagram nantinya akan menjumpai lebih banyak gradien warna cerah seperti warna kuning, ungu, merah muda, dan oranye.

Tampilan logo baru Instagram dengan gradien yang lebih cerahInstagram Tampilan logo baru Instagram dengan gradien yang lebih cerah

Gradien tersebut disusun menggunakan proses pemodelan tiga dimensi (3D) untuk menghasilkan efek bergerak, sehingga memberikan kesan yang lebih hidup.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Instagram turut menggandeng 3D Digital Artist dan Motion Designer, Rose Pilkington.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.