Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu iMac, Salah Satu Produk Komputer Buatan Apple?

Kompas.com - 27/05/2022, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Nama Apple cukup melambung di kalangan masyarakat umum berkat produk ponsel buatannya, yakni iPhone. Tak hanya iPhone, raksasa teknologi asal Cupertino itu sebenarnya juga memproduksi sederet gadget lain, salah satu diantaranya adalah iMac.

Bagi Apple Fanboy (penggemar produk Apple) mungkin sudah tak asing lagi dengan iMac. Sementara itu, bagi pengguna awam mungkin masih bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan iMac.

Baca juga: Ini Dia Reaksi Steve Job saat Pertama Kali Jajal Video Call Grup

Menyematkan nama “Mac”, iMac tergolong sebagai produk Apple berjenis desktop layaknya Macbook. Beberapa dari Anda mungkin cukup familiar dengan Macbook, produk laptop yang identik dengan logo Apple pada bagian penutupnya.

Lantas, bagaimana dengan iMac? Sebagai gambaran awal, iMac itu berbeda dengan Macbook walau masih berada dalam satu rumpun produk desktop buatan Apple. iMac bukanlah laptop, melainkan jenis komputer portabel (mudah dipindah atau dibawah).

Untuk penjelasan yang lebih lengkap, berikut KompasTekno rangkumkan mengenai apa itu iMac, serta sejarah singkatnya.

Apa itu iMac?

iMac adalah komputer buatan Apple yang memiliki desain “All in One”. Dengan desain seperti itu, iMac mudah dibawa atau dipindah oleh pengguna karena tak perlu lepas-pasang monitor dan CPU.

Desain “All in One” membuat iMac memiliki konfigurasi penempatan dan penggabungan CPU serta memori di satu wadah, yakni monitor. Di iMac, CPU tidak diletakkan pada wadah khusus secara terpisah dengan monitor, seperti komputer pada umumnya.

Apple sendiri juga punya produk komputer dengan desain CPU terpisah dari monitor, yakni Mac Mini dan Mac Pro. Sedangkan iMac, terdiri dari monitor yang didalamnya telah terintegrasi langsung dengan CPU.

Kendati berbeda desain, fungsi iMac tetap sama seperti komputer pada umumnya, yakni mengerjakan tugas pengguna dalam mengolah berbagai data digital, baik data berupa teks, gambar, audio, maupun video.

Untuk mengerjakan tugas komputasi, iMac sama seperti dua saudaranya, Mac Pro dan Mac Mini, yakni dibekali dengan penggunaan MacOS, sistem operasi khas buatan Apple untuk produk desktop.

Ilustrasi iMac ProApple.com Ilustrasi iMac Pro

iMac telah dirilis Apple dalam beberapa seri. Untuk seri terbaru, yakni iMac Pro, Apple telah membekalinya dengan RAM 16 GB, memori penyimpanan hingga 2 T, monitor beresolusi 4,5 K, dan tak ketinggalan pula chip asli buatan perusahaan M1.

Dalam perjalanannya, iMac telah mengalami cukup banyak dinamika hingga bisa seperti saat ini. Untuk lebih lengkapnya, berikut sejarah awal mula kehadiran iMac secara singkat.

Baca juga: Menilik Apple iPod dari Masa ke Masa Setelah Resmi Pensiun

Sejarah singkat iMac

Sejarah iMac dimulai pada tanggal 6 Mei 1998. Apple lewat Steve Jobs kala itu mengenalkan iMac untuk pertama kalinya di pagelaran Macworld dan mulai dijual pada tanggal 15 Agustus 1998.

iMac generasi pertama dijual dengan harga sekitar 1.299 dollar AS (sekitar Rp 18,9 juta bila menggunakan kurs saat ini). Komputer ini dibekali dengan prosesor G3 berkecepatan 233 MHz, RAM 32 Mb, memori penyimpanan 4 GB, dan monitor cembung berdimensi 15 Inci.

Penampilan komputer iMac pertama, iMac G3.Computer World Penampilan komputer iMac pertama, iMac G3.

Sejak awal dikenalkan, iMac telah mengusung desain “All in One” yang pada zamannya sudah bisa tampil cukup memukau. Saat dikenalkan oleh Jobs tahun 1998, iMac bisa dikatakan sebagai Macinstos yang disederhanakan desainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com