Kompas.com - 27/05/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Nama Apple cukup melambung di kalangan masyarakat umum berkat produk ponsel buatannya, yakni iPhone. Tak hanya iPhone, raksasa teknologi asal Cupertino itu sebenarnya juga memproduksi sederet gadget lain, salah satu diantaranya adalah iMac.

Bagi Apple Fanboy (penggemar produk Apple) mungkin sudah tak asing lagi dengan iMac. Sementara itu, bagi pengguna awam mungkin masih bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan iMac.

Baca juga: Ini Dia Reaksi Steve Job saat Pertama Kali Jajal Video Call Grup

Menyematkan nama “Mac”, iMac tergolong sebagai produk Apple berjenis desktop layaknya Macbook. Beberapa dari Anda mungkin cukup familiar dengan Macbook, produk laptop yang identik dengan logo Apple pada bagian penutupnya.

Lantas, bagaimana dengan iMac? Sebagai gambaran awal, iMac itu berbeda dengan Macbook walau masih berada dalam satu rumpun produk desktop buatan Apple. iMac bukanlah laptop, melainkan jenis komputer portabel (mudah dipindah atau dibawah).

Untuk penjelasan yang lebih lengkap, berikut KompasTekno rangkumkan mengenai apa itu iMac, serta sejarah singkatnya.

Apa itu iMac?

iMac adalah komputer buatan Apple yang memiliki desain “All in One”. Dengan desain seperti itu, iMac mudah dibawa atau dipindah oleh pengguna karena tak perlu lepas-pasang monitor dan CPU.

Desain “All in One” membuat iMac memiliki konfigurasi penempatan dan penggabungan CPU serta memori di satu wadah, yakni monitor. Di iMac, CPU tidak diletakkan pada wadah khusus secara terpisah dengan monitor, seperti komputer pada umumnya.

Apple sendiri juga punya produk komputer dengan desain CPU terpisah dari monitor, yakni Mac Mini dan Mac Pro. Sedangkan iMac, terdiri dari monitor yang didalamnya telah terintegrasi langsung dengan CPU.

Kendati berbeda desain, fungsi iMac tetap sama seperti komputer pada umumnya, yakni mengerjakan tugas pengguna dalam mengolah berbagai data digital, baik data berupa teks, gambar, audio, maupun video.

Untuk mengerjakan tugas komputasi, iMac sama seperti dua saudaranya, Mac Pro dan Mac Mini, yakni dibekali dengan penggunaan MacOS, sistem operasi khas buatan Apple untuk produk desktop.

Ilustrasi iMac ProApple.com Ilustrasi iMac Pro

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.