Kompas.com - 22/05/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang kian pesat kadang bikin beberapa orang berdecak kagum, apalagi jika mereka belum pernah sebelumnya menjajal fitur yang baru ditemukan atau dikembangkan.

Jangankan orang biasa, Steve Jobs sebagai pendiri Apple raksasa teknologi pun takjub dan kagum saat pertama kali menjajal fitur video call atau panggilan video grup.

Baca juga: Kisah di Balik Kelahiran iPod, Pemutar Musik Rumit Bikinan Apple yang Dibuat 6 Bulan Saja

Video call grup mungkin bagi sebagian orang saat ini bukanlah sesuatu fitur yang baru dan bisa membuat sangat terkesan. Namun, beda cerita bila fitur tersebut baru selesai dikembangkan dan bisa dicoba untuk pertama kalinya, yang membuat Jobs sampai takjub.

Beberapa dekade lalu, fitur video call grup menjadi sebuah hal yang mustahil untuk diwujudkan pada sebuah gadget. Dalam sejarahnya, fitur video call sendiri mulai diluncurkan sekitar tahun 2003.

Video call awal hadir di tengah situasi kebanyakan pengguna masih mengandalkan panggilan telepon seluler. Berbarengan perkembangan jaringan broadband yang masif, gelombang layanan panggilan telepon dan video berbasis internet pun meningkat.

Dengan memanfaatkan jaringan internet, pengguna kala itu akhirnya dapat melakukan panggilan video yang bisa saling menampilkan aktivitas secara real-time. Beberapa platform pun mulai menghadirkan fitur, salah satunya yang cukup terkenal adalah Skype.

Tak hanya Skype, Apple juga turut serta menghadirkan fitur panggilan video melalui aplikasi iChat atau biasa disebut juga iChat AV.

Aplikasi yang pertama kali dirilis 2002 untuk gadget berbasis MacOS itu, awalnya hanya menyediakan fitur perpesanan instan, seperti WhatsApp bila saat ini.

Sebelum fitur video call hadir, antar pengguna iChat hanya bisa berkirim pesan teks atau chatting. Hampir bersamaan dengan dirilisnya Skype pada 2003, Apple meluncurkan versi baru dari aplikasi iChat yang juga bisa dipakai melakukan panggilan video.

Seiring berjalannya waktu, Apple pun mengembangkan kemampuan pada aplikasi iChat.
Pada 2004, aplikasi ini memiliki fitur khas dan mungkin belum tersedia pada platform lain pesaingnya kala itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.