Bocoran Awal Spesifikasi Xiaomi 13, Pakai Chipset Snapdragon 8 Gen 2?

Kompas.com - 13/06/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Setiap tahunnya, Xiaomi rajin merilis ponsel flagship bikinannya. Nah, tahun 2022 ini, Xiaomi disebut-sebut akan merilis ponsel penerus Xiaomi 12 series, yakni Xiaomi 13 series.

Bocoran spesifikasi ponsel Xiaomi 13 pun sudah beredar di internet. Misalnya untuk chipset, Xiaomi 13 digadang-gadang bakal mengandalkan chipset kelas atas terbaru bikinan Qualcomm, sama seperti Xiaomi 12 ketika dirilis Desember 2021.

Kalau Xiaomi 12 menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1, Xiaomi 13 dirumorkan bakal menggunakan penerus chipset tersebut, yaitu Snapdragon 8 Gen 2.

Baca juga: Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Chipset Snadragon 8 Gen 2 sebenarnya belum diumumkan resmi oleh Qualcomm. Namun, menurut rumor yang beredar, chipset tersebut bakal dibekali peningkatan CPU hingga 30 persen dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1.

Untuk kartu grafis (GPU), Snadragon 8 Gen 2 konon bakal menggunakan Adreno 740, lebih baru dari GPU Snapdragon 8 Gen 1 dengan Adreno 730, sebagaimana dihimpun dari Nextpit.

Untuk layar, Xiaomi 13 dirumorkan bakal dibekali layar berukuran 6,28 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel) serta aspek rasio 20:9.

Di sektor fotografi, Xiaomi 13 disinyalir bakal dibekali tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 50 MP, 13 MP, dan 5 MP.

Baca juga: Unboxing dan Hands-on Xiaomi 12: Kesan Pertama Menggenggam Flagship Rp 9 Jutaan

Bila bocoran ini akurat, resolusi kamera Xiaomi 13 itu bakal sama persis seperti milik Xiaomi 12 yang dibekali kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera tele-macro 5 MP.

Ponsel Xiaomi 13 ini diyakini memiliki RAM 8 GB dengan penyimpanan media 128 GB. Bocoran lain spesifikasi Xiaomi 13 lainnya meliputi dukungan sistem operasi Android 12, baterai 4.500 mAh, dukungan 5G, serta kamera selfie 32 MP.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GadgetsNow, Senin (13/6/2022), Xiaomi 13 konon bakal diluncurkan Xiaomi pada Desember 2022 mendatang. Ponsel penerus Xiaomi 12 ini dirumorkan bakal dijual dengan harga mulai Rp 5,4 juta.

Perlu dicatat spesifikasi di atas masih berupa bocoran semata dan belum dapat dipastikan kebenarannya. Hingga saat ini, Xiaomi belum memberikan kisi-kisi soal kehadiran ponsel Xiaomi 13.

Selain Xiaomi 13, Xiaomi konon juga tengah bersiap merilis ponsel Xiaomi 12 Ultra. Ponsel ini diyakini bakal menjadi model tertinggi di keluarga Xiaomi 12 series.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 12 Ultra selengkapnya dapat disimak di artikel "Bocoran Tampang dan Spesifikasi Xiaomi 12 Ultra".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.