Kompas.com - 22/06/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Perpindahan penggunaan HP berbasis Android ke iPhone dengan sistem operasi iOS, bukanlah perkara yang mudah. Terkadang terdapat beberapa data dari HP Android yang cukup sulit buat dipulihkan di iPhone, misalnya seperti data chat WhatsApp.

Umumnya, transfer data bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi desktop seperti Wondershare Dr Fone. Namun, layanan transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone lewat aplikasi tersebut, tidaklah gratis alias berbayar.

Baca juga: 10 Fitur Baru WhatsApp, Bisa Ganti Background Video Call, Sudah Coba?

Sebagian dari Anda mungkin juga pernah mengalami persoalan betapa rumitnya untuk transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone. Persoalan inilah yang mungkin didengar oleh Meta, selaku pengembang WhatsApp.

Beberapa waktu lalu, CEO Meta sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan, pihaknya tengah menggelontorkan fitur baru ke WhatsApp yang memungkinkan transfer data dari HP Android ke iPhone.

Lewat fitur ini, pengguna bakal bisa transfer data WhatsApp, seperti riwayat chat, foto, video, dan sebagainya, dari HP Android ke iPhone dengan lebih mudah. Fitur transfer data WhatsApp antar perangkat beda sistem operasi ini sebenarnya telah dirilis tahun lalu.

Namun saat itu, transfer data WhatsApp hanya bisa dilakukan dari iPhone ke Android. Kini, pengguna bakal mendapatkan kemampuan tambahan pada fitur transfer data WhatsApp yang bisa dilakukan sebaliknya, yakni dari Android ke iPhone.

Fitur untuk memindahkan data WhatsApp dari Android ke iPhone nantinya bakal disematkan pada aplikasi bernama Move to iOS buatan Apple, yang tersedia di Google Play Store. Move to iOS sejatinya bukan aplikasi baru.

Perlu diketahui, aplikasi ini telah dirilis sejak 2015 dengan tujuan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna yang ingin beralih dari HP Android ke iPhone. Dulu, Move to iOS hanya bisa memindahkan data tertentu, seperti kontak, kalender, atau pesan SMS.

Kemudian, kemampuan dari aplikasi itu terus ditingkatkan hingga kini bakal bisa dipakai untuk memindahkan data WhatsApp dari Android ke iPhone. Lantas, bagaimana cara memindahkan data WhatsApp dari Android ke iPhone?

Sebelum mengetahui cara memindahkan data WhatsApp dari Android ke iPhone lewat Move to iOS, sebaiknya pahami dulu beberapa ketentuan yang dibutuhkan, berikut ini pemaparannya.

Ketentuan transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone via Move to iOS

  • HP Android setidaknya telah menjalankan versi sistem operasi Android 5 atau yang lebih baru.
  • iPhone setidaknya telah menjalankan versi sistem operasi iOS 15.5 atau yang lebih baru.
  • Pada HP Android, setidaknya telah menggunakan versi WhatsApp 2.22.7.74 atau yang lebih baru.
  • Pada iPhone, setidaknya telah menggunakan versi WhatsApp 2.22.10.70 atau yang lebih baru.
  • Menggunakan akun WhatsApp yang sama di HP Android pada iPhone.
  • iPhone yang jadi target transfer chat WhatsApp dari Android harus berada dalam kondisi pengaturan awal perangkat.
  • Kedua perangkat, HP Android dan iPhone harus menggunakan jaringan WiFi yang sama.

Baca juga: Cara Gabung Dua Emoji Jadi Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Bila telah memahami ketentuan di atas, berikut adalah cara transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone lewat Move to iOS, sebagaimana dilansir laman resmi FAQ WhatsApp.

Cara transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone via Move to iOS

  • Unduh aplikasi Move to iOS dari Google Play Store, lalu bukalah di HP Android.
  • Saat iPhone berada dalam kondisi pengaturan awal perangkat, pilih opsi “Move Data from Android” pada menu pemulihan data.
  • Selanjutnya, iPhone bakal menampilkan kode untuk menautkan perangkat.
  • Masukkan kode tersebut di aplikasi Move to iOS pada HP Android, lalu klik opsi “Lanjutkan” untuk mulai menautkan perangkat.
  • Pada menu “Transfer Data” yang muncul di aplikasi Move to iOS, centang opsi
  • “WhatsApp”.
  • Tunggu beberapa saat hingga data siap diekspor ke iPhone.
  • Klik opsi “Lanjutkan” untuk mulai mentransfer data WhatsApp dari HP Android ke iphone dan tunggu hingga prosesnya terkonfirmasi telah selesai.
  • Selesaikan rangkaian pengaturan awal iPhone hingga berhasil membuka layar “home”.
  • Di iPhone, lakukan pemasangan aplikasi WhatsApp versi terbaru yang diunduh dari App Store.
  • Selesaikan proses verifikasi awal akun WhatsApp di iPhone menggunakan nomor telepon yang sama dipakai pada HP Android.
  • Bila verifikasi berhasil maka data WhatsApp dari HP Android sebelumnya bakal muncul di iPhone.

Untuk saat ini, fitur transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone tampaknya masih diperuntukkan bagi para pengembang via aplikasi WhatsApp versi Beta. Bila pengujian telah selesai maka fitur ini bakal digelontorkan ke semua pengguna secara global.

Baca juga: 5 Penyebab WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

Demikian informasi seputar cara transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone, berikut dengan ketentuan yang dibutuhkan, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.