Kompas.com - Diperbarui 27/06/2022, 09:53 WIB

KOMPAS.com - Ponsel bikinan Apple, iPhone menjadi salah satu smartphone kelas atas (high-end) yang dijual dengan harga lebih tinggi dibanding ponsel Android pada umumnya.

iPhone 13 series yang paling baru misalnya, harganya dipatok mulai dari 800-1.600 dollar AS (sekitar Rp 11,8 juta - Rp 23,7 juta).

Masing-masing negara tentu memiliki banderol harga yang berbeda, karena terkait pajak dan faktor lainnya. Kendati demikian, selisih harganya tidak akan berbeda jauh. Lantas, negara mana yang menjual iPhone dengan harga termurah di dunia?

Baca juga: iPhone SE 3 Datang, iPhone SE 2 Turun Harga hingga Rp 1,5 Juta di Indonesia

Lembaga penelitian Moving Mobile and Mobility Forward pun mengadakan survei harga iPhone di 34 negara di seluruh dunia, untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Menurut hasil survei yang dipublikasi pada 14 Juni 2022 itu, Jepang menjadi negara penjual iPhone dengan harga termurah sedunia. Harga iPhone di Jepang disebutkan 20 persen lebih murah dibandingkan rata-rata harga iPhone di pasar global.

Padahal, Jepang terkenal sebagai salah satu negara "mahal", termasuk pada sektor penjualan elektroniknya.

Menurut pengguna situs tanya-jawab Quora, harga elektronik di Jepang bisa dikatakan dua kali lebih mahal dibandingkan di Amerika Serikat, karena beberapa hal.

Pertama, Jepang memiliki tingkat layanan yang lebih tinggi, maka biaya jualnya menjadi lebih tinggi. Kedua, Jepang menyediakan lebih banyak layanan sebelum dan sesudah (purna) penjualan.

Lantas, mengapa iPhone di Jepang bisa dijual dengan harga termurah di dunia versi Moving Mobile and Mobility Forward?

Hal itu tampaknya dipengaruhi oleh penurunan atau depresiasi nilai tukar yen terhadap mata uang asing. Sebagaimana dihimpun dari Kontan.id, Yen turun ke level terendahnya selama 20 tahun terakhir ke 134,56 per dollar pada 9 Juni.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Asahi
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.