Kompas.com - 24/06/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Baterai merupakan komponen penting untuk perangkat elektronik, termasuk laptop. Tanpa baterai, laptop tidak akan bisa digunakan dengan secara fleksibel karena harus terus terhubung dengan colokan listrik.

Saking pentingnya komponen ini untuk laptop, kondisi kesehatan baterai atau battery health laptop juga perlu dipantau secara berkala.

Jika kondisi baterai laptop sudah tidak bagus, maka hal ini akan membuat laptop tidak dapat digunakan secara optimal.

Baca juga: Segera Update Windows Anda, Ada Celah Berbahaya Mengintai

Untuk mengetahui kondisi baterai laptop khususnya laptop dengan sistem operasi Windows 10 dan Windows 11, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Langkah ini bisa dilakukan melalui program Windows PowerShell atau command prompt (CMD).

Untuk mengetahui cara mengecek battery health pada laptop berbasis Windows 10 dan 11, silakan menyimak uraian berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC Magazine, Jumat (24/6/2022).

Cara cek battery health di laptop Windows 10 dan 11

  • Klik kanan ikon Windows dan pilih opsi "Windows PowerShell (Admin)", atau cari Command Prompt (CMD).

Cara mengakses menu Windows PowerShell di laptop Windows 10.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara mengakses menu Windows PowerShell di laptop Windows 10.

  • Apabila muncul jendela yang meminta persetujuan, segera tekan tombol "Yes".
  • Pada jendela PowerShell yang muncul, segera ketik perintah sebagai berikut: powercfg /batteryreport /output "C:\battery-report.html"
  • lalu tekan tombol "Enter".

Perintah yang perlu dimasukkan ke Windows PowerShell untuk mengecek battery health laptop berbasis Windows 10 dan Windows 11.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Perintah yang perlu dimasukkan ke Windows PowerShell untuk mengecek battery health laptop berbasis Windows 10 dan Windows 11.

  • Selanjutnya, sistem akan membuat laporan baterai laptop secara otomatis.
  • Laporan ini bisa diakses pada direktori C:/, seperti gambar di bawah ini.

Baca juga: PC Windows Wajib Pakai SSD Mulai 2023?

Cara mengecek battery health pada laptop berbasis Windows 10.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara mengecek battery health pada laptop berbasis Windows 10.

  • Ketika dibuka, laporan tersebut akan menyajikan status baterai laptop yang sedang digunakan.

Anda dapat melihat kapasitas baterai, waktu pengisian daya, hingga lamanya waktu penggunaan laptop.

Apabila terjadi kerusakan pada baterai, laporan tersebut akan secara otomatis menyarankan pengguna untuk segera mengganti baterai laptop.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.