Kompas.com - Diperbarui 24/06/2022, 09:23 WIB

KOMPAS.com - Sejak pandemi, tablet kembali naik daun. Laporan firma riset pasar IDC tentang pasar tablet global pada kuartal II-2020 menunjukkan peningkatan 18,9 persen dibanding periode yang sama pada 2019.

Berbanding terbalik dengan tablet, pengiriman smartphone saat pandemi justru menunjukkan tren penurunan. Pada kuartal II-2020, laporan IDC menunjukkan penjualan smartphone global turun 20,4 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2019.

Pasar tablet kini juga diramaikan oleh bermacam merek, karena hampir setiap vendor smartphone turut menghadirkan tablet. Misalnya Vivo, Realme dan Oppo yang semula fokus pada smartphone. Lantas mengapa produsen smartphone kompak membuat tablet?

Baca juga: Mengenal Tablet Android Kubik Genta 10 Buatan Pemuda Asal Garut

Menurut Gizchina, alasan kenapa produsen smartphone ekspansi ke tablet adalah karena melambatnya pertumbuhan pengiriman smartphone. Selain itu, siklus penggantian ponsel juga menjadi lebih lama, sehingga vendor posel menjajaki pasar tablet.

Kondisi tersebut mendorong produsen ponsel untuk mengadopsi strategi yang lebih stabil dan konservatif. Sebab, pasar akan menghadapi tantangan sepanjang tahun.

Selain berbagai produsen smartphone yang sudah populer, Google dalam konferensi pengembang Google I/O 2022 juga berkata akan kembali ke pasar tablet pada tahun depan, dengan meluncurkan tablet Pixel.

Meski demikian, tablet hanya akan menjadi pelengkap sebagaimana smartwatch dan smartphone, bukan jadi bisnis utama perusahaan.

Tren tablet selanjutnya

Berdasarkan presentasi iPadOS 16 yang ditampilkan Apple dalam konferensi pengembang WWDC 2022 dan Google I/O, tren tablet selanjutnya adalah layar yang lebih profesional. Selain itu, ukuran layarnya juga kemungkinan akan lebih besar.

Baca juga: Tablet Xiaomi Pad 6 dan Redmi Pad Meluncur Agustus?

Rumor yang beredar menyebutkan Apple akan meluncurkan iPad 14,1 inci pada tahun depan. Samsung awal tahun ini bahkan sudah meluncurkan Galaxy Tab S8 Ultra dengan layar 14,6 inci.

Tren kedua yaitu lebih banyak software profesional untuk tablet. Sebab, saat ini masih banyak aplikasi yang tidak dioptimalkan untuk tablet. Oleh karena itu, di masa mendatang, pengguna akan disuguhkan dengan beragam aplikasi versi tablet.

Sistem operasi (OS) baik iPadOS maupun Android juga akan dioptimalisasi. Dengan begitu, tablet akan mendapat lebih banyak fungsi.

Selain itu, integrasi antar perangkat juga akan lebih mudah, misalnya untuk transfer data antara laptop dan tablet lintas OS, sehingga kolaborasi laptop-tablet jadi lebih mulus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.