10 Bulan Tenggelam di Sungai, iPhone Masih Bisa Menyala dan Berfungsi

Kompas.com - 30/06/2022, 14:28 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Seorang pria bernama Owain Davies kehilangan ponselnya di sungai Wye, Inggris, pada Agustus 2021 lalu. iPhone miliknya, jatuh dan tenggelam ke dalam sungai saat Davies menaiki kano di sungai. 

Davies sebenarnya sudah tidak memikirkan lagi ponselnya yang hilang itu. Namun, istilah "jodoh tidak akan ke mana" berlaku bagi Davies dan ponselnya itu. Setelah 10 bulan, iPhone X miliknya yang tenggelam kembali ditemukan.

iPhone X tersebut ditemukan oleh seorang pria bernama Miguel Pacheco pada awal Juni ini, ketika ia menaiki kano bersama keluarganya. Saat itu, Pacheco melihat iPhone berwarna biru itu mengambang di atas sungai.

Baca juga: Hari Ini 15 Tahun Lalu, iPhone Pertama Meluncur ke Publik

Pacheco lantas mengeringkan ponsel tersebut menggunakan kompresor udara dan membiarkannya semalaman.

Pacheco memang tak meyakini iPhone itu akan hidup lagi. Meski demikian, ia merasa jika sesorang kehilangan ponsel, ia akan kehilangan banyak data. Oleh karena itu, ia berupaya mengembalikan iPhone tersebut ke pemilik aslinya.

Keesokan harinya ia mencoba mengisi ulang (mengecas) iPhone yang ia temukan itu. iPhone X itu pun menyala.

"Saya kira itu nggak akan berfungsi karena terendam air. Di pagi hari ketika saya mengisi ulangnya, saya tidak percaya (bisa menyala)," kata Pacheco dikutip KompasTekno dari BBC, Kamis (30/6/2022).

"Saya tahu jika saya kehilangan ponsel, saya punya banyak foto anak-anak dan saya ingin itu kembali," imbuhnya.

Baca juga: Bos Pabrik Perakit iPhone Temui Jokowi di Bogor

iPhone masih nyala setelah hilang 10 bulanBBC iPhone masih nyala setelah hilang 10 bulan
Saat iPhone dinyalakan, layarnya menampilkan screensaver foto seorang pria yang tak lain adalah Owain Davies, bersama wanita. Layarnya juga menunjukkan keterangan tertanggal 13 Agustus, yaitu hari ketika iPhone itu jatuh ke sungai Wye.

Pacheco kemudian membagikan potret itu ke media sosial untuk menemukan sang pemilik iPhone X. Unggahannya di grup Facebook Cinder Noticeboard bahkan dibagikan hingga lebih dari 4.000 kali.

Kembali ke pemiliknya

Meski pemilik iPhone yang hilang itu tidak aktif di media sosial selama enam bulan terakhir, unggahan itu akhirnya sampai ke teman-teman Owain Davis (pemilik iPhone) dan tunangannya, Fiona Gardner.

Baca juga: iPhone 15 Jadi yang Terakhir Pakai Colokan Lightning?

"Saya menaiki kano berdua dan teman saya kemudian berdiri sehingga kami jatuh. Ponsel itu disimpan di saku belakang, begitu saya jatuh, saya menyadari ponsel itu hilang," kata Davies.

Dia lantas berterimakasih kepada Pacheco karena sudah berupaya memulihkan iPhone miliknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.