iPhone 15 Jadi yang Terakhir Pakai Colokan Lightning?

Kompas.com - 29/06/2022, 07:58 WIB

KOMPAS.com - Fans Apple tengah menunggu kehadiran iPhone 14 yang kabarnya akan meluncur September 2022 mendatang. Namun kini bocoran iPhone 15 sudah beredar di dunia maya.

Kemunculan bocoran informasi tersebut sepertinya mengalihkan perhatian dan fokus pelanggan dari iPhone 14 ke iPhone 15.

Menurut kabar yang beredar, iPhone 15 akan menjadi ponsel Apple terakhir  yang menggunakan konektor khas Lightning. Artinya, untuk iPhone selanjutnya, Apple sudah mempersiapkan diri mengikuti standard universal konektor USB-C.

Sebelumnya, ponsel Apple selalu menggunakan port khusus bernama "Lightning", berbeda dari kebanyakan Android.

Baca juga: Bocoran Lengkap iPhone 14: Desain, Spesifikasi, Harga, hingga Tanggal Peluncuran

Sejak pengesahan Undang-Undang Uni Eropa tentang aturan penggunaan port USB-C di seluruh perangkat elektronik di 27 negara Eropa, Apple pun terkena imbasnya. Oleh karena itu, penggunaan USB-C akan mulai diterapkan di produkApple setelah peluncuran iPhone 15.

Kembali ke bocoran spesifikasi, iPhone 15 disebut akan memiliki ukuran layar yang sama dengan iPhone 14. Jika mengacu pada bocoran iPhone 14 di awal 2022 lalu, seri iPhone 14 akan hadir dengan dua ukuran layar, yakni 6,1 inci dan 6,7 inci.

Model iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max disebut akan memiliki layar tanpa poni, digantikan oleh notch berbentuk lingkaran di tengah atas layar, beserta lubang seperti pill bebentuk oval, yang berguna sebagai Face ID.

Baca juga: Harga iPhone di Jepang Saat Ini Termurah Sedunia

Desain tanpa poni dengan model punch hole tersebut dirumorkan juga akan diadaptasi di seri iPhone 15. Layar iPhone 15 juga kemungkinan menghadirkan refresh rate tinggi 120 Hz.

Tidak sampai di sana, sempat dilaporkan juga kalau Apple sedang mengembangkan fitur Face ID yang sensornya ditanam di bawah layar.

Fitur ini yang mungkin nantinya menjadi pertimbangan Samsung, sebagai salah satu kompetitor Apple, untuk turut mengembangkan fitur serupa, yaitu mengembangkan kamera di bawah layar untuk seri Galaxy S23-nya nanti.

Halaman:
Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.