Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Jadi yang Terakhir Pakai Colokan Lightning?

Kompas.com - 29/06/2022, 07:58 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Fans Apple tengah menunggu kehadiran iPhone 14 yang kabarnya akan meluncur September 2022 mendatang. Namun kini bocoran iPhone 15 sudah beredar di dunia maya.

Kemunculan bocoran informasi tersebut sepertinya mengalihkan perhatian dan fokus pelanggan dari iPhone 14 ke iPhone 15.

Menurut kabar yang beredar, iPhone 15 akan menjadi ponsel Apple terakhir  yang menggunakan konektor khas Lightning. Artinya, untuk iPhone selanjutnya, Apple sudah mempersiapkan diri mengikuti standard universal konektor USB-C.

Sebelumnya, ponsel Apple selalu menggunakan port khusus bernama "Lightning", berbeda dari kebanyakan Android.

Baca juga: Bocoran Lengkap iPhone 14: Desain, Spesifikasi, Harga, hingga Tanggal Peluncuran

Sejak pengesahan Undang-Undang Uni Eropa tentang aturan penggunaan port USB-C di seluruh perangkat elektronik di 27 negara Eropa, Apple pun terkena imbasnya. Oleh karena itu, penggunaan USB-C akan mulai diterapkan di produkApple setelah peluncuran iPhone 15.

Kembali ke bocoran spesifikasi, iPhone 15 disebut akan memiliki ukuran layar yang sama dengan iPhone 14. Jika mengacu pada bocoran iPhone 14 di awal 2022 lalu, seri iPhone 14 akan hadir dengan dua ukuran layar, yakni 6,1 inci dan 6,7 inci.

Model iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max disebut akan memiliki layar tanpa poni, digantikan oleh notch berbentuk lingkaran di tengah atas layar, beserta lubang seperti pill bebentuk oval, yang berguna sebagai Face ID.

Baca juga: Harga iPhone di Jepang Saat Ini Termurah Sedunia

Desain tanpa poni dengan model punch hole tersebut dirumorkan juga akan diadaptasi di seri iPhone 15. Layar iPhone 15 juga kemungkinan menghadirkan refresh rate tinggi 120 Hz.

Tidak sampai di sana, sempat dilaporkan juga kalau Apple sedang mengembangkan fitur Face ID yang sensornya ditanam di bawah layar.

Fitur ini yang mungkin nantinya menjadi pertimbangan Samsung, sebagai salah satu kompetitor Apple, untuk turut mengembangkan fitur serupa, yaitu mengembangkan kamera di bawah layar untuk seri Galaxy S23-nya nanti.

Dari segi baterai, fihimpun KompasTekno dari GizChina, Rabu (29/6/2022), iPhone 15 disebut memiliki peningkatan kapasitas baterai dibanding iPhone 14 yang berada di kisaran 3.200-4.300 mAh.

Apple sendiri tidak pernah mengungkapkan kapasitas baterai yang dimiliki iPhone saat peluncuran. Biasanya perusahaan hanya menggunakan durasi waktu sebagai "patokan" untuk mengetahui berapa lama ketahanan dari baterai tersebut.

Baca juga: iPhone 14 Meluncur 13 September?

Bocoran yang beredar masih sangat minim informasi, sehingga spesifikasi dan fitur utama yang dimiliki bakal dihadirkan iPhone 15 masih belum diketahui lebih lanjut.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa bocoran di atas tidak dapat dijadikan patokan karena informasi ini belum keluar secara resmi dan sifatnya masih dugaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com