Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pro Player Asal Filipina, Kairi Resmi Gabung Onic Esports

Kompas.com - 05/07/2022, 15:45 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah didahului dengan beragam rumor, pemain profesional (pro player) Mobile Legends: Bang-Bang (Mobile Legends) asal Filipina, yakni Kairi Ygnacio Rayosdelsol alias "Kairi", akhirnya resmi bergabung dengan tim asal Indonesia Onic Esports.

Hal itu diumumkan langsung oleh Kairi dalam sebuah konferensi pers yang digelar manajemen Onic Indonesia awal pekan ini.

"Halo, nama saya Kairi, dan saya akan bermain sebagai jungler di Onic Esports untuk MPL ID Season 10 (S10)," ungkap Kairi dalam suatu konferensi pers, dikutip KompasTekno dalam sebuah video yang tersiar di kanal YouTube Snipe Gaming TV, Selasa (5/7/2022).

Baca juga: Onic Esport Juara MPL ID Season 8, Wakili Indonesia di Turnamen Internasional

Sebelum beralih ke Onic Esports, Kairi sempat berperan sebagai jungler di bawah manajemen e-sports dengan nama "Onic" juga, namun untuk negara Filipina yaitu Onic PH. Adapun jungler adalah pemain yang memiliki peran penting untuk kemenangan sebuah tim,

Selain Kairi, pelatih (coach) Onic PH, yaitu Paul Denver Lintag Miranda, alias "Yeb", juga resmi bergabung dengan Onic Esports. Dengan begitu, Onic Esports kini memiliki tiga pelatih untuk MPL ID S10, yaitu Mars, Aldo, dan Yeb itu sendiri.

"Saat ini, Onic Indonesia memiliki tiga pelatih, dan kami memiliki tugasnya masing-masing untuk tim ini. Saya sendiri akan bertugas untuk menerapkan budaya, disiplin, dan hal penting lainnya (dalam sebuah tim e-sports)," imbuh Yeb.

Baca juga: Sejarah E-sports di Dunia, Turnamen dan Game Pertama hingga Masuk Cabang Olahraga

Kehadiran Kairi dan Yeb ini bisa dibilang merupakan suatu kejutan di bursa transfer MPL ID S10 yang tengah berlangsung sejak pekan lalu. 

Pasalnya, kedua sosok tersebut berhasil membawa Onic PH sebagai runner-up alias juara kedua di kompetisi lokal MPL Philippines Season 8 dan M3 World Championship.

Profil Kairi

Alberttt dari RRQ Hoshi (kiri) dan Kairi dari Onic PH (kanan) yang sedang bertukar baju di sela momen M3 World Championship.Instagram.com/@onic_kai Alberttt dari RRQ Hoshi (kiri) dan Kairi dari Onic PH (kanan) yang sedang bertukar baju di sela momen M3 World Championship.

Kairi merupakan pro player yang bisa dibilang cukup terkenal di skema e-sports Mobile Legends di Filipina.

Hal itu tak lepas dari kemampuannya berperan sebagai jungler, serta performanya yang kerap diwaspadai oleh tim lawan, termasuk tim terkuat asal Filipina, Blacklist International sekalipun.

Di Indonesia, dia merupakan sosok yang bisa dibilang cukup dikagumi sekaligus disegani oleh para penggemar Mobile Legends di Tanah Air.

Selain penampilan fisiknya yang dinilai menarik, dia juga dikenal sebagai pemain asal Filipina yang rendah hati dan tidak sombong.

Baca juga: Mobile Legends Jadi Game E-Sports yang Paling Banyak Ditonton di SEA Games 2021

Bahkan pada ajang M3 World Championship lalu, dia sempat memuji dua jungler Mobile Legends asal Indonesia, yaitu Alberttt dari RRQ Hoshi dan Sanz dari Onic Esports. Keduanya merupakan jungler Mobile Legends terbaik di dunia saat ini.

Untuk kemampuan Kairi, tidak sedikit penggemar Mobile Legends di Indonesia yang menilai bahwa kemampuan pemain berusia 16 tahun tersebut sekelas dengan Alberttt, terutama untuk kepiawaian bermain karakter (hero) Ling.

Dengan begitu, bisa diprediksi bahwa kompetisi MPL ID Season 10 akan menampilkan berbagai pertarungan sengit, terutama dari RRQ Hoshi dan Onic Esports nanti. Hingga saat ini, belum diketahui kapan MPL ID Season 10 akan digelar.

Baca juga: Daftar Game E-sports yang Sumbang Medali untuk Indonesia di SEA Games 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com