Begini Isi CV Bill Gates 48 Tahun Lalu Saat Melamar Kerja

Kompas.com - 06/07/2022, 08:02 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates, membagikan resume atau curriculum vitae (CV) miliknya di situs LinkedIn. CV tersebut dibuat Bill Gates saat dirinya masih menempuh pendidikan di Harvard University pada tahun 1974.

Dalam unggahannya di LinkedIn, Gates berkata bahwa ia yakin CV para pengikutnya di situs tersebut jauh lebih baik dibanding miliknya.

"Apakah Anda lulusan baru atau putus sekolah, saya yakin CV Anda jauh lebih baik dibanding saya 48 tahun yang lalu," kata Gates melalui akun LinkedIn pribadi.

Dalam CV itu, Gates menyantumkan sejumlah informasi, mulai nama lengkap, alamat, tempat kuliah, posisi yang ingin dilamar hingga beberapa pengalamannya yang terkait dengan dunia IT.

Baca juga: Bill Gates Sebut NFT dan Kripto sebagai Greater Fool Theory, Apa Maksudnya?

Salah satu orang terkaya di dunia itu juga menuliskan tinggi dan berat badannya dalam CV. Padahal informasi tersebut saat ini tidak begitu perlu ditulis dalam CV, khususnya untuk perkerjaan di bidang IT.

CV Bill Gates tahun 1974LinkedIn Bill Gates CV Bill Gates tahun 1974
CV itu ditulis Bill Gates saat ia berusia 19 tahun. Tinggi badannya adalah 5 kaki 10 inci atau sekitar 178 sentimeter. Adapun bobotnya saat itu adalah 130 pound atau sekitar 59 kilogram.

Bill Gates juga menuliskan sederet bahasa pemrograman yang ia kuasai, termasuk FORTRAN, COBOL, BASIC, dan ALGOL. Menurut media teknologi Cnet, tidak banyak mahasiswa Harvard saat ini yang mampu menguasai bahasa pemrograman seperti Bill Gates.

Selain itu Gates menjelaskan bahwa pada tahun pertama di Harvard University, ia belajar tentang Struktur Sistem Operasi, Manajemen Basis Data hingga Grafis Komputer.

Baca juga: Bill Gates Ogah Investasi Kripto, Ini Alasannya

Oleh karena itu, wajar jika Gates mengharapkan gaji senilai 12.000 dollar AS per tahun pada saat itu. Jika dihitung menggunakan kalkulator inflasi, angka tersebut setara dengan 71.000 dollar AS pada 2022 ini atau setara Rp 1,06 miliar.

Meski mematok gaji dalam CV-nya, Gates membubuhkan keterangan bahwa gaji tersebut bisa dinegosiasikan.

Adapun beberapa pengalaman yang Gates jelaskan dalam CV-nya itu antara lain sebagai programmer sistem di TRW System Groups pada tahun 1973 dan sebagai co-leader serta co-partner di Lakeside School, Seattle pada tahun 1972.

Dirangkum KompasTekno dari BGR, Rabu (6/7/2022), Gates keluar dari Harvard University setelah dua tahun mengikuti perkuliahan. Ia kemudian bekerja dengan Paul Allen dan mulai membangun Microsoft

Setelah sukses mendirikan Microsoft, pemilik nama lengkap William Henry Gates itu menjadi orang terkaya di dunia. Predikat tersebut masih dimiliki oleh Gates, meskipun posisinya beberapa kali disalip oleh miliarder lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET,BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.