Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TM Roh: Ponsel Lipat Samsung Berikutnya Gandeng Brand Global

Kompas.com - 05/07/2022, 15:29 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - President and Head of MX Business Samsung Electronics, TM Roh, memastikan bahwa Samsung akan merilis ponsel layar lipat generasi keempatnya pada tahun 2022 ini. Ia pun memberi sedikit bocoran mengenai ponsel tersebut.

Kepada jurnalis Kompas.com, Yudha Pratomo, TM Roh mengatakan bahwa Samsung telah mempersiapkan strategi untuk perangkat layar lipat yang akan datang.

Menurut TM Roh, Samsung akan berkolaborasi dengan merek global guna menambah pengalaman pengguna ponsel layar lipat generasi keempat tersebut nantinya.

"Sedikit bocoran, kami sudah menambah strategi kolaborasi dengan global brand. Sehingga pengalaman konsumen (dalam menggunakan ponsel lipat) akan naik," ungkap TM Roh kepada KompasTekno dalam wawancara khusus di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 Meluncur 10 Agustus?

Ia juga mengatakan bahwa setiap tahun, Samsung melakukan dua sampai tiga kali lipat pengembangan ponsel layar lipat. Ini merupakan bukti keseriusan Samsung dalam menggarap pasar tersebut.

"Foldable phone yang pertama pada 2019, kedua kami luncurkan pada 2021. Tahun ini akan ada foldable keempat. Jadi setiap tahun kami mengalami dua sampai tiga kali lipat pengembangan. Ini (perangkat layar lipat) akan menjadi masa depan dan Samsung harus mewujudkannya," kata TM Roh.

Dalam kesempatan yang sama, TM Roh sendiri mengakui bahwa Samsung butuh waktu panjang untuk mengembangkan ponsel layar lipat.

Menurut TM Roh, Samsung sudah memulai konsep ponsel layar lipat sejak 2012. Sejak saat itu Samsung fokus menggarap ponsel layar lipat hingga dirilis untuk pertama kalinya kepada publik pada Februari 2019. Artinya, butuh waktu sekitar tujuh tahun untuk mewujudkan perangkat tersebut.

Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3Samsung Electronics Indonesia Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3

"Jadi sejak 2012 sampai 2019, kami fokus untuk (membuat) ponsel layar lipat, supaya bisa memberi pengalaman baru dan inovatif kepada konsumen," kata TM Roh.

Baca juga: Membosankan dan Mirip Semua, Alasan Samsung Bikin Ponsel Layar Lipat

Samsung memang sempat memamerkan konsep ponsel layar lipat ini dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2013. Namun, pada saat itu ponsel tersebut baru sebatas rancangan.

Galaxy Fold adalah ponsel layar lipat pertama milik Samsung yang diperkenalkan di atas panggung Unpacked 2019. Galaxy Fold yang memiliki mekanisme lipatan seperti sebuah buku, digadang sebagai perangkat mewah dengan banderol sekitar Rp 27 jutaan.

Kemudian pada awal 2020, Samsung meluncurkan smartphone layar lipat Galaxy Z Flip. Setelah itu pada pertengahan 2020, Samsung merilis Galaxy Z Fold 2.

Pada Agustus 2021, Samsung merilis dua ponsel layar lipat secara bersamaan, yaitu Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3.

Baca juga: TM Roh: Fitur Flagship di Galaxy A, Strategi Samsung Hadapi Ponsel China

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com