Cara Menerjemahkan Bahasa Asing di Instagram Feed dan Stories

Kompas.com - 06/07/2022, 18:15 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Beragam konten yang tersiar di Instagram, baik itu postingan Instagram Feed atau Instagram Story, bisa memiliki bahasa yang berbeda-beda.

Hal ini karena Instagram tersedia secara global dan pengguna yang terdaftar di dalamnya juga bisa berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Nah, untuk memudahkan pengguna melihat atau membaca postingan berbahasa asing, Instagram beberapa waktu lalu sempat fitur untuk menerjemahkan (translate) berbagai konten yang mengalir di Instagram.

Konon, fitur ini diklaim bisa menerjemahkan kurang lebih 90 bahasa yang ada di dunia, termasuk bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Untuk mekanisme kerjanya sendiri, Instagram nantinya akan mendeteksi apakah ada teks berbahasa asing yang terdapat dalam postingan Instagram Feed atau Stories yang sedang pengguna lihat.

Jika ada, maka Instagram bakal memunculkan tombol "See Translation" yang bisa diklik untuk menerjemahkan konten tersebut ke bahasa utama.

Adapun bahasa utama di Instagram bisa diubah di menu "Settings" > "Account" > dan "Language". Di laman tersebut, pilih bahasa utama yang Anda inginkan, sebagaimana ilustrasi gambar berikut ini.

Cara mengubah bahasa utama di aplikasi Instagram.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengubah bahasa utama di aplikasi Instagram.

Baca juga: Penyebab Instagram Gagal Login dan 7 Cara Mengatasinya

Lantas, bagaimana cara menerjemahkan postingan Instagram Feed atau Instagram Stories melalui aplikasi Instagram?

Cara translate IG Feed di aplikasi Instagram

  • Pertama-tama, kunjungi postingan berbahasa asing yang ingin Anda terjemahkan.
  • Lalu, klik tombol "See translation" yang terletak di bawah postingan tersebut, tepatnya di samping informasi waktu unggah (upload) konten itu, sebagaimana tampak pada gambar di bawah.
  • Beberapa saat kemudian, konten tersebut akan langsung diterjemahkan ke bahasa utama yang Anda pilih.
  • Untuk mengembalikan bahasa yang telah diterjemahkan, Anda cukup mengeklik tombol "See original" di posisi yang sama dengan tombol "See translation" tadi.

Cara menerjemahkan bahasa asing di postingan Instagram Feed.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menerjemahkan bahasa asing di postingan Instagram Feed.

Cara translate IG Story di aplikasi Instagram

Langkah untuk menerjemahkan postingan Instagram Stories sebenarnya serupa dengan Instagram Feed. Bagaimana caranya?

  • Pertama-tama, buka postingan Instagram Stories yang dicantumkan dengan bahasa asing.
  • Lalu, klik tombol "See translation" yang terletak di pojok kiri atas tampilan Instagram Stories, tepat di bawah nama handle pengguna Instagram.
  • Beberapa saat kemudian, jendela hasil terjemahan akan muncul di bagian bawah tampilan Instagram Stories, sebagaimana tampil pada gambar di bawah.
  • Dalam jendela tersebut, ada kolom "Original" yang mencantumkan bahasa asli dari postingan Instagram Stories tersebut, kemudian kolom "Translation" untuk postingan Instagram Stories yang sudah diterjemahkan ke bahasa utama.

Cara menerjemahkan postingan Instagram Stories.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menerjemahkan postingan Instagram Stories.

Perlu dicatat, fitur translate ini hanya akan bisa mendeteksi dan menerjemahkan teks tertulis seperti kalimat atau caption yang diketik saja. Artinya, Anda tidak bisa menerjemahkan teks yang tercantum di dalam gambar atau video.

Selain itu, fitur ini juga tidak atau belum bisa menerjemahkan suara atau audio berbahasa asing yang ada di dalam sebuah postingan Instagram Feed atau Stories.

Baca juga: Cara Menambah dan Menghapus Teman dari Daftar Close Friend di Instagram

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.