BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Gandeng Nicholas Saputra, Agan Harahap Bikin Film Pendek Keren Bahas Spesifikasi Oppo Find X5 Pro 5G

Kompas.com - 04/07/2022, 10:31 WIB

KOMPAS.com – Setelah dirilis di Indonesia pada Kamis (2/6/2022), banyak orang penasaran dengan berbagai fitur yang dimiliki Oppo Find X5 Pro 5G. Salah satunya, seniman Agan Harahap.

Guna membuktikan kemampuan kamera kelas flagship milik smartphone tersebut, Agan menggandeng Nicholas Saputra untuk membintangi film pendek terbarunya yang berjudul Magical Performance.

Film berdurasi satu menit tersebut menceritakan performa Oppo Find X5 Pro 5G. Nicholas tampil di panggung teater dengan menyebut satu per satu spesifikasi ponsel anyar keluaran Oppo itu.

Terdapat tiga spesifikasi yang diperkenalkan dalam film tersebut. Pertama, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Oppo Find X5 Pro 5G memiliki system on a chip (SoC) terbaru dan tercepat dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Prosesor multicore generasi terbaru ini merupakan platform 5G paling canggih yang pernah ada.

Baca juga: Ini Alasan Oppo Find X5 Pro 5G Disebut sebagai Smartphone Gahar di Kelasnya

Menggunakan sistem modem-FR Snapdragon X64 5G, prosesor tersebut memiliki kecepatan hingga 10 gigabita per detik (Gbps).

Kedua, fitur pengisian daya sangat cepat. Dengan kemampuan maksimal 80W SuperVOOC Flash Charging, pengguna dapat mengisi daya dari 0 persen sampai 50 persen dalam waktu 12 menit.

Ketiga, Agan juga memperkenalkan sistem multi-tier cooling pada Oppo Find X5 Pro 5G yang berfungsi untuk menyalurkan panas dan mendinginkan prosesor. Ia menganalogikan sistem pendingin multitingkat itu mampu meredam panas Gurun Sahara dan mengubahnya menjadi suhu di Kutub Utara.

Oppo Find X5 Pro 5GDok. Oppo Oppo Find X5 Pro 5G

Hal menarik yang perlu diketahui, seluruh pengambilan gambar pada film pendek tersebut dilakukan menggunakan Oppo Find X5 Pro 5G.

Agan mengaku bahwa eksplorasi dalam sebuah karya seni penting untuk dilakukan. Menurutnya, Oppo Find X5 Pro 5G membuat eksperimen dalam menghasilkan karya seni menjadi tidak terbatas.

Hal itu karena smartphone besutan Oppo tersebut telah dilengkapi dengan berbagai fitur kamera yang mumpuni. Salah satunya, kamera wide angle yang telah dilengkapi sistem five-axis optical image stabilizer (OIS) pada Oppo Find X5 Pro 5G.

Baca juga: Rahasia Oppo Find X5 Pro 5G Bisa Rekam Video Malam Superjernih Beresolusi 4K

“Apabila dikombinasikan dengan algoritma artificial intelligence noise reduction (AINR), sistem five-axis OIS dapat mengurangi efek handshake, noise, dan mempertajam hasil gambar saat merekam video. Tentu saja, ini membuat hasil rekaman lebih cantik dan stabil, ” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Apa pun obyeknya, kata Agan, kemampuan Oppo Find X5 Pro 5G dalam menangkap gambar dengan hasil tajam dan suara jernih membuat karya yang dihasilkan menjadi lebih indah.

Hal senada juga diungkapkan Nicholas. Ia membenarkan bahwa smartphone sudah menjadi bagian penting dari pembuatan banyak karya fenomenal di dunia saat ini.

Menurutnya, Oppo dengan Find X Series sudah banyak membuktikan bahwa karya seni dapat dibuat melalui smartphone. Contohnya, film pendek yang dibuat oleh beberapa Finders—sebutan pengguna Oppo Find Series—menggunakan Find X3 Pro 5G pada 2021.

“Kini, melihat keunggulan Oppo Find X5 Pro 5G yang fenomenal, saya optimistis ada banyak karya seni luar biasa yang akan dihasilkan berkolaborasi dengan Cinefinders, Photofinders, dan banyak pelaku kreatif di Indonesia,” ujar Nicholas.

Baca juga: Jadi Suami-Istri dalam Sayap-sayap Patah, Nicholas Saputra Ungkap Cara Jalin Chemistry dengan Ariel Tatum

Sebagai informasi, selain Agan, terdapat dua Finders lain, yaitu Martin Westlake dan Muhammad Fadli, yang juga merekam film pendek menggunakan Oppo Find X5 Pro 5G. Adapun film karya Martin berjudul Solitude dan film pendek berjudul Wild West merupakan karya Fadli.

Rahasia kamera mumpuni Oppo Find X5 Pro 5G

Keberhasilan Agan membuat film pendek menggunakan Oppo Find X5 Pro 5G membuktikan bahwa fitur kamera yang dimiliki smartphone tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata.

Oppo Find X5 Pro 5G.Dok. Oppo Oppo Find X5 Pro 5G.

Oppo Find X5 Pro 5G sendiri dibekali tiga kamera di bagian belakang dengan konfigurasi kamera utama (wide) beresolusi 50 megapiksel (MP) (f/1.7), kamera ultrawide 50 MP (f/2.2, 110,3), dan kamera telefoto 13 MP (f/2.4) dengan digital zoom 2x dan hybrid zoom 5x. Kedua kamera utama dari smartphone premium tersebut sudah memakai sensor Sony IMX766.

Pada bagian depan, Oppo menyematkan kamera selfie dengan resolusi 32 MP (f/2.4) dan menggunakan sensor Sony IMX709.

Baca juga: Bak Sihir, Begini Hasil Foto Bidikan Pemeran Newton Scamander Pakai Oppo Find X5 Pro 5G

Selain itu, penggunaan sistem five-axis OIS pada Oppo Find X5 Pro 5G memungkinkan pengguna untuk menangkap foto dan video dengan stabil. Dengan demikian, pengguna dapat lebih aktif membuat konten profesional.

Oppo juga bekerja sama dengan pabrikan kamera ternama asal Swedia, Hasselblad, untuk menghasilkan gambar foto atau video yang mumpuni. Mengadopsi sistem pewarnaan Hasselblad Natural Color Solution (HNCS), pengguna akan mendapatkan hasil foto yang natural dengan akurasi warna maksimal layaknya mata manusia.

Hasil jepretan Oppo Find X5 Pro 5G pada malam hari.Dok. Oppo Hasil jepretan Oppo Find X5 Pro 5G pada malam hari.

Untuk mendukung performa kamera, Oppo Find X5 Pro 5G memiliki chipset khusus, yaitu MariSiliconX. Chipset neural processing units (NPU) teranyar ini merupakan artificial intelligence (AI) yang dirancang untuk meningkatkan kualitas video dari hasil tangkapan kamera Oppo Find X5 Pro 5G.

Kehadiran NPU MariSilicon X juga menjadikan Oppo sebagai smartphone pertama yang dapat menghadirkan ultra night video dengan kualitas resolusi 4K. Dengan inovasi ini, gambar yang diambil, baik foto maupun video, dari kamera wide dan ultrawide, akan memiliki kualitas terbaik.

Baca juga: Mengenal MariSilicon X di Oppo Find X5 Pro 5G, Chipset yang Tawarkan Era Baru Fotografi dan Videografi Malam

Selain itu, NPU MariSilicon X juga menjalankan algoritma canggih AINR yang dirancang oleh Oppo Research Institute untuk mendeteksi dan mengurangi noise di setiap frame.

Algoritma tersebut juga mampu mempertahankan detail warna kulit serta obyek yang lebih halus dan akurat dalam pemrosesan gambar secara piksel per piksel.

Tak hanya itu, AINR juga dapat meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi noise hingga 20 kali lebih cepat.

OPPO Find X5 Pro 5G.Dok. Oppo OPPO Find X5 Pro 5G.

Inovasi dan kecanggihan pada fitur kamera tersebut juga didukung oleh SoC Snapdragon 8 Gen 1 dan random access memory (RAM) 12 gigabita (GB) serta penyimpanan internal (ROM) 256 GB.

Oppo Find X5 Pro 5G ditawarkan dengan harga Rp 14.999.000 dan dapat dipesan di Oppo Brand Store, Oppo Official Store, Erafone, Urban Republic, mitra toko, dan e-commerce partner terkemuka.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Find X5 Pro 5G, silakan klik tautan berikut ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.