Cara Menambah dan Menghapus Teman dari Daftar Close Friend di Instagram

Kompas.com - 30/06/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Instagram dilengkapi dengan beberapa fitur privasi yang dapat membuat pengguna bisa merasa nyaman menggunakan aplikasinya. Adapun salah satu fitur privasi di Instagram itu adalah Close Friend.

Sebagian dari Anda yang aktif main aplikasi media sosial ini, mungkin bakal tak asing lagi dengan apa itu Close Friend di Instagram. Pasalnya, Close Friend Instagram bukanlah fitur yang baru “kemarin sore” diluncurkan.

Baca juga: Cara Mengganti Sampul pada Video Instagram dengan Mudah

Close Friend Instagram sendiri telah dihadirkan sejak 2018. Lewat fitur tersebut, pengguna dapat mengatur visibilitas dari unggahan Story Instagram, supaya hanya bisa dilihat oleh follower yang termasuk dalam kategori teman dekat (close friend).

Saat Close Friend diaktifkan, pengguna tak perlu khawatir lagi untuk mengunggah Story Instagram yang mungkin berisi konten bersifat personal. Konten itu tak bakal bisa dilihat oleh teman lain yang tidak termasuk dalam kategori Close Friend.

Dalam hal privasi, fungsi fitur Close Friend agaknya bisa dikatakan hampir mirip dengan fitur Hide Story (sembunyikan Story) di Instagram. Kedua fitur itu sama-sama punya fungsi untuk menyembunyikan unggahan Story.

Kendati hampir mirip, namun terdapat perbedaan di keduanya. Perbedaan Hide Story dan Close Friend adalah terletak pada output pengoperasiannya. Pada Hide Story, unggahan Story bisa dilihat oleh semua pengguna, kecuali beberapa teman tertentu.

Sementara pada Close Friend, hanya teman dalam daftar Close Friend yang bisa melihat Story. Bila ingin mengunggah Story untuk dilihat teman dekat saja maka gunakanlah fitur Close Friend.

Pilihan untuk menggunakan fitur Close Friend biasanya bakal muncul saat Anda akan mengunggah Story di Instagram. Namun, sebelum bisa menggunakan fitur tersebut, Anda perlu menambahkan dulu beberapa teman ke daftar Close Friend di Instagram.

Selain menambahkan Close Friend di Instagram, Anda juga bisa menghapus teman dari daftar tersebut nantinya bila dirasa perlu. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan tentang bagaimana cara mengatur Close Friend di Instagram.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Efek Instagram yang Gagal Digunakan

Cara menambah Close Friend di Instagram

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel.
  • Klik ikon foto profil yang berada di bagian bawah layar aplikasi.
  • Klik ikon garis tiga di pojok kanan atas halaman profil untuk mengakses menu pengaturan.
  • Setelah muncul drop down menu, klik menu pengaturan “Teman Dekat” atau “Close Friend”
  • Di menu tersebut, tambahkan dan centang beberapa teman untuk dimasukkan ke daftar Close Friend.
  • Jika telah ditambahkan, klik opsi “Selesai”.

Ilustrasi cara menambahkan Close Friend di InstagramKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambahkan Close Friend di Instagram

Cara menghapus Close Friend di Instagram

  • Untuk menghapus Close Friend di Instagram, caranya hampir sama dengan yang tertera di atas. Anda juga harus mengakses menu pengaturan “Teman dekat” atau “Close Friend” di aplikasi.
  • Selanjutnya, klik opsi “Hapus Semua” untuk menghapus semua teman yang berada dalam daftar Close Friend.
  • Atau, bisa juga dengan menghapus centang yang terdapat pada beberapa teman tertentu untuk mengeluarkannya dari daftar Close Friend.
  • Bila telah selesai memilih teman dan menghapusnya dari daftar Close Friend, silakan klik opsi “Selesai”.

Perlu diketahui, saat menambah atau menghapus daftar Close Friend, Instagram tak bakal mengirim notifikasi ke pengguna lain atau teman Anda. Pengaturan daftar Close Friend sepenuhnya hanya bisa dilihat dan dilakukan oleh Anda sebagai pemilik akun Instagram.

Baca juga: Cara Pin Postingan Foto dan Video Instagram di iPhone dan HP Android

Sebagai informasi tambahan, cara mengatur Close Friend di Instagram tersebut dijajal pada iPhone dengan sistem operasi iOS 15.5. Beda wadah untuk mengakses, mungkin bisa beda pula tahapan dan letak opsinya.

Demikianlah penjelasan seputar cara mengatur Close Friend di Instagram, mulai dari menambahkan hingga menghapus teman dari daftar Close Friend, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.