Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Pastikan Nasib Smartphone Galaxy Note

Kompas.com - 04/07/2022, 19:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Samsung memberikan kejelasan soal nasib seri Galaxy Note. Seperti yang banyak dirumorkan sebelumnya, seri Galaxy Note tidak akan hadir tahun ini.

Samsung memang belum gamblang mengatakan akan memensiunkan lini Galaxy Note. Namun kali ini, perusahaan asal Korea Selatan itu memastikan nasib Galaxy Note.

Samsung memastikan bahwa Galaxy Note tidak akan dirilis lagi mulai tahun ini dan seterusnya.

Baca juga: Samsung Resmi Pensiunkan Smartphone Galaxy Note

Kabar ini diungkap tipster (pembocor) gadget Samsung, yakni akun Twitter dengan handle @UniverseIce.

"TM Roh: mulai tahun ini, Galaxy Note akan hadir dalam wujud (Galaxy) S Ultra setiap tahunnya." begitu twit @UniverseIce, lengkap dengan unggahan foto Presiden Divisi Mobile Samsung Electronics, TM Roh.

Itu artinya, Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra yang dirilis tahun 2020 lalu, benar-benar menjadi seri terakhir Galaxy Note.

Seperti yang dikatakan TM Roh, "DNA" Galaxy Note akan diwariskan ke lini Galaxy S Ultra. Babak baru itu dimulai ketika Samsung memperkenalkan Galaxy S22 Ultra awal tahun lalu.

Seperti diketahui, Galaxy S22 Ultra memiliki desain "boxy" yang mirip dengan Galaxy Note. Pun dengan fitur andalannya, yakni stylus S Pen bawaan yang disematkan di dalam kompartemen sisi bawah bodi.

Baca juga: Kilas Balik Samsung Galaxy Note Series yang Kini Pensiun

Ciri khas S Pen yang diwariskan

Sejak debutnya, lini seri Galaxy Note dilengkapi dengan layar yang luas dan stylus atau disebut Samsung S Pen. Sebab, smartphone ini ditujukan untuk menunjang produktivitas pengguna.

Layar yang luas dan stylus juga menjadi pembeda utama antara Galaxy Note dengan Galaxy S series.

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Galaxy Note memulai debutnya pada tahun 2011. Smartphone ini hadir dengan layar 5,3 inci dan menjadi perangkat berlayar besar saat itu.

Baca juga: Ketika Samsung Galaxy S22 Ultra Lebih Cocok Bernama Galaxy Note 22...

Sejak saat itu, Samsung getol meluncurkan Galaxy Note setiap tahunnya seperti Galaxy Note 2 (2012), Note 3 (2013), Note 4 (2014), Note Edge (2014), Note 5 (2015) hingga Note 20 series (2020) dengan peningkatan dari aspek layar maupun kemampuan S Pen-nya.

Diteruskan ke Galaxy S23 Ultra?

Karena tidak ada lagi lini Galaxy Note, banyak pihak menduga S Pen akan hadir lagi lewat penerus Galaxy S22 Ultra yang kemungkinan akan diberi nama Galaxy S23 Ultra.

Ponsel itu kemungkinan akan dirilis tahun depan. Kendati peluncurannya masih lama, bocoran soal Galaxy S23 Ultra sudah beredar di internet.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy S22 Ultra, Serupa Galaxy Note dan Punya Stylus Bawaan

Salah satu bocoran render Galaxy S23 Ultra memperlihatkan desain ponsel yang memiliki layar melengkung di sisi samping dengan hiasan lubang kamera .

Layarnya disebut akan memiliki rasio bodi ke layar yang tinggi lantaran bezel (bingkai) yang sangat tipis. Kendati demikian, itu hanyalah bocoran awal dan masih banyak spekulasi spesifikasi Galaxy S23 Ultra yang belum terungkap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com