Microsoft Teams Tumbang Global, Ribuan Pengguna Kena Dampak

Kompas.com - 21/07/2022, 10:24 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Ribuan pengguna dari sejumlah negara mengeluhkan adanya gangguan pada layanan Microsoft Teams atau Teams.

Microsoft Teams dilaporkan tumbang secara global sejak Kamis (21/7/2022) sekitar pukul 08:30 WIB. Para pengguna mengeluhkan fitur pesan Teams yang error, hingga tak bisa membuka aplikasi konferensi online tersebut sama sekali.

Pantauan KompasTekno dari halaman Downdetector, laporan terkait tumbangnya Microsoft Teams muncul sejak pukul 8.11 WIB. Laporan tercatat memuncak pada pukul 9.11 dengan total lebih dari 4.500 pengguna melaporkan gangguan Teams.

Baca juga: Cloudflare Down, Discord dkk Ikut Tumbang

Di halaman Downdetector Indonesia ada sekitar 765 pengguna yang melaporkan terjadinya gangguan Microsoft Teams.

Pantauan KompasTekno, keluhan Teams error juga menggema di Twitter karena dialami secara global. Topik Teams error dan Teams down bahkan menjadi trending topic baik di Twitter Indonesia maupun dunia.

Pihak Microsoft sendiri sudah menyadari adanya masalah ini. Melalui akun Twitter dengan handle @MSFT365Status, Microsoft mengatakan pihaknya sedang mengupayakan perbaikan masalah ini.

"Kami menemukan bahwa pengembangan baru-baru ini mengakibatkan koneksi terputus ke layanan penyimpanan internal, dan berdampak kepada pengguna. Kami sedang berupaya mengarahkan trafik ke layanan yang normal untuk meminimalisasi dampaknya," tulis Microsoft.

Hingga berita ini ditulis, error atau gangguan di Teams masih terjadi. KompasTekno mencoba membuka aplikasi tersebut versi desktop, tetapi tak berjalan normal. Teams hanya menampilkan keterangan bahwa aplikasi tidak dapat terhubung ke internet.

Baca juga: Microsoft Teams Rilis Fitur Baru Serupa Zoom

Microsoft Teams sendiri merupakan aplikasi konferensi online atau panggilan video yang digunakan pengguna maupun perusahaan untuk menunjang komunikasi selama bekerja maupun sekolah.

Akibatnya, sejumlah pengguna mengeluhkan bahwa pekerjaan maupun aktivitas pendidikan mereka terhambat karena Ms Teams yang tumbang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.