Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Indonesia, Vivo X80 dan X80 Pro Andalkan Kamera Zeiss dan Chip Baru

Kompas.com - 26/07/2022, 17:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivo X80 “reguler” dan Vivo X80 Pro resmi meluncur di pasar Indonesia, lewat acara peluncuran yang digelar pada Selasa (26/7/2022).

Sebagai penerus dari Vivo X70 yang diluncurkan pada September 2021 lalu, Vivo X80 dan X80 Pro hadir dengan fitur dan spesifikasi andalan dari sektor kamera dan chip yang digunakan.

Menurut Product Manager Vivo Indonesia, Hadie Mandala, peningkatan dari sektor kamera merupakan DNA terpenting dari ponsel Vivo X-series. Sehingga dapat menambah pengalaman baru bagi pengguna dalam menangkap setiap momen bermakna.

“Melalui Vivo X80 series, kami (Vivo) menghadirkan invovasi terbaru pada bagian kamera. Bukan hanya menggambarkan hasil yang cinematic, tetapi juga memberikan pengalaman baru dalam menangkap setiap momen bermakna Anda (pengguna) hanya dengan satu sentuhan,” papar Hadie, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Setelah 17 Tahun, Kamera HP Nokia Tak Lagi Pakai Optik Zeiss

Sebagai contoh, Vivo X80 series punya fitur pendukung kamera, seperti lensa Zeiss Cinematic Video Bokeh dan Zeiss Cinematic Style Bokeh, yang diklaim mampu menghasilkan video bokeh dengan aspek ratio yang lebih lebar.

Adapun fitur pendukung kamera lainnya ada AI Video Enhancement yang bisa mengatur cahaya sekaligus meningkatkan kualitas dari gambar yang diambil saat malam hari, OIS System, delapan cinematic color, fitur time-lapse, dan mode fokus “Pro Cinematic”.

Sedangkan, dari segi hardware, Vivo X80 series mengandalkan chip Snapdragon 8 Gen 1 besutan Qualcomm untuk versi “Pro”, dan Dimensity 9000 milik MediaTek untuk versi “reguler”.

Masing-masing chip akan dikombinasikan dengan chip buatan Vivo sendiri, yakni Vivo V1 Plus. Tujuannya untuk meningkatkan penforma perangkat seperti saat bermain game, dan mendukung teknologi imaging atau pengolahan gambar pada Vivo X80 series.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo agar Privasi Terjaga

Vivo mengeklaim bahwa kombinasi chip Snapdragon 8 Gen 1 dan Vivo V1+ dapat mendongkrak kinerja CPU hingga 10 persen, dibandingkan seri sebelumnya.

Spesifikasi X80 dan X80 Pro

Tampilan kamera belakang dari Vivo X80 Series (Sumber: Vivo)Vivo Tampilan kamera belakang dari Vivo X80 Series (Sumber: Vivo)
Vivo X80 “reguler” dan Vivo X80 Pro hadir dengan desain yang serupa layaknya “saudara kembar”. Kedua ponsel ini mengadopsi model desain dan layar yang sama, yakni berpanel AMOLED 6,78 inci, refresh rate 120 Hz, dan sudah mendapat sertifkasi Display Matte A+.

Kendati begitu, terdapat perbedaan dari panel layar kedua ponsel. Untuk varian “Pro” menggunakan panel layar AMOLED rendah daya (LTPO2) dan resolusi layar Quad HD Plus. Sedangkan untuk versi “reguler” berpanel AMOLED reguler dengan menawarkan resolusi Full HD Plus.

Beralih ke sektor fotografi, Vivo X80 Pro dibekali empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultra-wide 48 MP, dan dua kamera telefoto yang masing-masing beresolusi 12 MP dan 8 MP.

Baca juga: Vivo Y33e 5G Meluncur dengan Chipset Dimensity 700, Ini Spesifikasinya

Untuk Vivo X80 “reguler”, hanya dibekali tiga kamera dengan konfigurasi yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultra-wide 12 MP, dan kamera telefoto 12 MP. Untuk kamera depan, keduanya sama-sama menggunakan kamera depan 32 MP.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, chipset Qualcomm Snapdragon Gen 1 disematkan pada varian Vivo X80 Pro, sedangkan chipset MediaTek Dimensity 9000 disematkan untuk varian Vivo V80 “reguler”.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Pengguna juga dpat menambah RAM sebesar 4 GB dengan “meminjam” kapasitas ROM yang sedang tidak digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com