Kompas.com - 29/07/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Twitch mengumumkan fitur baru bernama "Shared Ban Info". Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan konten kreator untuk dapat membagikan daftar akun penonton yang mereka diblokir (banned) ke streamer (kreator yang melakukan live streaming) lainnya.

Fitur Shared Ban Info bertujuan untuk melindungi para streamer dari penonton yang kerap melontarkan ujaran kebencian dan kata-kata negatif di kolom obrolan live streaming. Penonton yang dimasukkan ke dalam daftar blokir, tidak dapat mengakses kolom obrolan di sesi live streaming.

Baca juga: Mengenal Twitch dan Bedanya dengan YouTube

Jadi, Twitch tidak akan langsung mencabut akses akun pengguna yang kerap bersikap negatif. Sebagai "alternatif", Twitch memberikan kemampuan kepada para streamer untuk dapat menentukan penonton yang dapat mengakses konten milik mereka.

"Kami ingin menyeimbangkan antara melindungi streamer dari pelecehan sambil tetap memberi streamer kontrol atas siapa yang diizinkan untuk berpartisipasi dalam komunitas mereka," tulis Twitch.

Fitur Shared Ban Info bekerja secara dua arah. Artinya, para streamer bisa saling bertukar informasi daftar penonton yang diblokir.

Salah satu streamer akan mengirimkan permintaan (request) berisi persetujuan untuk mengirim daftar blokir ke streamer lainnya. Setelah permintaan tersebut diterima, maka streamer lainnya juga akan dianggap setuju untuk membagikan nama-nama penonton yang telah dia masukkan ke dalam daftar blokir.

Baca juga: Perampokan Streamer Twitch Tersiar saat Live Streaming

Streamer juga diberikan keleluasaan untuk menerima permintaan dari sejumlah komunitas tertentu, seperti partner, afiliasi, atau streamer lain yang diikuti (following).

Dihimpun KompasTekno dari Twitch, Kamis (28/7/2022), fitur Shared Ban Info dapat dimanfaatkan untuk membagikan daftar blokir hingga ke 30 streamer sekaligus.

Cara kerja fitur Shared Ban Info di Twitch.Twitch Cara kerja fitur Shared Ban Info di Twitch.

Ketika melakukan sesi live streaming, streamer akan mendapatkan notifikasi apabila ada penonton yang telah masuk ke dalam daftar blokir oleh streamer lain. Penonton itu masih dapat menyaksikan live streaming dan menuliskan komentar di kolom obrolan dengan streamer yang belum memblokirnya.

Namun, streamer dan moderator dapat sewaktu-waktu memblokir atau menangguhkan penonton tersebut dari daftar blokir.

Baca juga: Berapa Gaji Karyawan Netflix, TikTok, Twitch, dan Spotify?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Twitch


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.