Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan via WhatsApp dengan Mudah

Kompas.com - 30/07/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Masyarakat yang terdaftar dalam program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) dari BPJS Kesehatan, wajib melakukan pembayaran iuran setiap bulan, dengan besar tagihan sesuai kelas perawatan yang dipilih.

Untuk saat ini, rincian besar tagihan BPJS Kesehatan adalah kelas I Rp 150.000, kelas II Rp 100.000, dan kelas III Rp 35.000. Tagihan iuran BPJS Kesehatan tersebut wajib dibayarkan selambat-lambatnya pada tanggal 10 setiap bulan.

Baca juga: Cara Cek Tagihan Iuran BPJS Kesehatan via Mobile JKN dengan Mudah

Peserta wajib membayar sesuai jadwal yang ditentukan agar tidak terkena sanksi berupa penonaktifkan sementara status kepesertaan BPJS Kesehatan.

Oleh sebab itu, supaya dapat melakukan pembayaran tepat waktu, peserta sebaiknya melakukan cek tagihan BPJS Kesehatan secara berkala. Dengan cek tagihan BPJS Kesehatan, peserta bisa mengetahui apakah iuran bulanan sudah dibayar atau belum.

Lantas, bagaimana cara mengetahui tagihan BPJS Kesehatan? Untuk cek tagihan BPJS Kesehatan, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menghubungi Chatbot Chika di nomor WhatsApp “08118750400” (tanpa tanda kutip).

Chatbot Chika sendiri adalah layanan balas pesan otomatis milik BPJS Kesehatan. Di Chatbot Chika, nantinya peserta bisa menemukan opsi untuk mengakses layanan cek tagihan BPJS kesehatan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara cek tagihan BPJS Kesehatan via WhatsApp dengan menghubungi Chatbot Chika.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan via WhatsApp

  • Tambahkan nomor Chatbot Chika ini “08118750400” ke daftar kontak di ponsel.
  • Buka aplikasi WhatsApp dan mulai melakukan percakapan dengan Chabot Chika.
  • Setelah dibalas, bakal muncul beberapa menu layanan BPJS Kesehatan.
  • Silakan klik nomor “2” untuk mengakses layanan cek tagihan BPJS Kesehatan.
  • Ikuti instruksi yang diberikan oleh Chatbot Chika.
  • Masukkan data diri berupa nomor KTP atau nomor kartu BPJS Kesehatan dan tanggal lahir.
  • Setelah data diri terisi dengan benar, bakal muncul informasi mengenai status iuran BPJS Kesehatan.

Ilustrasi cara cek tagihan BPJS Kesehatan via WhatsApp.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek tagihan BPJS Kesehatan via WhatsApp.

Baca juga: Cara Cek Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Sudah Cair atau Belum secara Online

Bila tagihan per bulan telah dibayar maka akan keluar status “Lunas”. Cukup mudah bukan untuk cek tagihan BPJS Kesehatan? Demikianlah informasi seputar cara cek tagihan BPJS Kesehatan via WhatsApp, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.