Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Perangkat Peyimpanan Data di Komputer

Kompas.com - 08/08/2022, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

Kompas.com - Perangkat keras komputer (hardware) merupakan bagian dari komponen fisik yang terdapat di komputer. Hardware sendiri terbagi menjadi empat jenis yaitu input device, processing device, storage device, dan output device.

Salah satunya perangkat penyimpan data (storage device). Sebuah komputer tentu tak lepas dari komponen beragam data. Data akan diproses melalui perangkat penyimpanan data di komputer.

Perangkat penyimpanan atau storage sendiri adalah media untuk menyimpan informasi, baik melalui magnetisasi medium tertentu (magnetic storage media) maupun sinar laser (optical disk).

Perangkat penyimpanan data di komputer terbagi menjadi tiga yaitu hard disk drive, floppy drive, dan optical drive. Selengkapnya berikut ini KompasTekno merangkum beragam jenis perangkat penyimpan data di komputer.

Baca juga: Hati-hati, Hacker Bisa Ambil Alih Komputer Lewat File Microsoft Word

Harddisk drive

ilustrasi Hard Disk Eksternalcomputerworld.com ilustrasi Hard Disk Eksternal

Hard disk drive (HDD) merupakan hardware yang berguna untuk menyimpan jutaan data komputer pengguna. Kemampuan sebuah hard disk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan.

Mulai dari 10 GB hingga 2 TB dan lebih tinggi lagi. Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang bahkan ketika tidak diberi tegangan listrik (bersifat non-volatile).

Selain menjadi tempat penyimpanan data, harddisk juga berguna sebagai boot device utama, di mana sistem operasi yang diinstalpada harddisk tersebut akan dijalankan pada saat komputer mulai dijalankan (booting).

Harddisk memiliki komponen utama yaitu platter, head, dan Print Circuit Board (PCB). Berikut ini masing-masing fungsinya:

  • Platter: sebagai tempat menyimpan data, komponen ini berbahan magnetis dan sangat tipis
  • Head: berguna untuk proses baca dan tulis sebuah data
  • PCB: terdiri dari rangkaian penguat, DSP (Digital Signal Processor) untuk memproses sinyal digital, memori chip, konektor, serta spindle dan actuator arm monitor

Baca juga: Awas, Ada Malware yang Menghapus Isi Harddisk WD My Book Live

Floppy Drive

Floppy disk POFtut Floppy disk

Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah floppy disk (disket). Perangkat ini terbuat dari cakram tipis, fleksibel yang dilapisi bahan yang bersifat magnetik dan terbungkus atau dilindungi oleh plastik.

Kebanyakan floppy disk hanya mampu menampung data sekitar 1-2 MB saja, tetapi saat ini floppy disk dapat menyimpan data hingga 1 GB.

Optical drive

CDWikipedia CD

Perangkat ini umum disebut dengan CD atau DVD drive. Disebut “optical” karena drive ini menggunakan sinar laser untuk melihat data yang tersimpan dalam optical disk.

Contoh optical disk adalah CD-R/CD-RW. CD-R Berarti CD yang dapat ditulisi informasi / data hanya sekali. Huruf “R” mengandung arti “Recordable”. Sedangkan CD-RW berarti CD yang dapat ditulisi informasi atau data berkali-kali. Huruf “RW”mengandung arti “ReWritable”.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com