Jenis-jenis Perangkat Peyimpanan Data di Komputer

Kompas.com - 08/08/2022, 17:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

Kompas.com - Perangkat keras komputer (hardware) merupakan bagian dari komponen fisik yang terdapat di komputer. Hardware sendiri terbagi menjadi empat jenis yaitu input device, processing device, storage device, dan output device.

Salah satunya perangkat penyimpan data (storage device). Sebuah komputer tentu tak lepas dari komponen beragam data. Data akan diproses melalui perangkat penyimpanan data di komputer.

Perangkat penyimpanan atau storage sendiri adalah media untuk menyimpan informasi, baik melalui magnetisasi medium tertentu (magnetic storage media) maupun sinar laser (optical disk).

Perangkat penyimpanan data di komputer terbagi menjadi tiga yaitu hard disk drive, floppy drive, dan optical drive. Selengkapnya berikut ini KompasTekno merangkum beragam jenis perangkat penyimpan data di komputer.

Baca juga: Hati-hati, Hacker Bisa Ambil Alih Komputer Lewat File Microsoft Word

Harddisk drive

ilustrasi Hard Disk Eksternalcomputerworld.com ilustrasi Hard Disk Eksternal

Hard disk drive (HDD) merupakan hardware yang berguna untuk menyimpan jutaan data komputer pengguna. Kemampuan sebuah hard disk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan.

Mulai dari 10 GB hingga 2 TB dan lebih tinggi lagi. Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang bahkan ketika tidak diberi tegangan listrik (bersifat non-volatile).

Selain menjadi tempat penyimpanan data, harddisk juga berguna sebagai boot device utama, di mana sistem operasi yang diinstalpada harddisk tersebut akan dijalankan pada saat komputer mulai dijalankan (booting).

Harddisk memiliki komponen utama yaitu platter, head, dan Print Circuit Board (PCB). Berikut ini masing-masing fungsinya:

  • Platter: sebagai tempat menyimpan data, komponen ini berbahan magnetis dan sangat tipis
  • Head: berguna untuk proses baca dan tulis sebuah data
  • PCB: terdiri dari rangkaian penguat, DSP (Digital Signal Processor) untuk memproses sinyal digital, memori chip, konektor, serta spindle dan actuator arm monitor

Baca juga: Awas, Ada Malware yang Menghapus Isi Harddisk WD My Book Live

Floppy Drive

Floppy disk POFtut Floppy disk

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.