Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cari Judul Lagu dengan Suara di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 09/08/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- iPhone dibekali berbagai fitur yang cukup menarik dan dapat memudahkan pengguna, salah satunya seperti fitur untuk cari judul lagu dengan suara.

Tak semua pengguna memiliki pengetahuan dan ingatan yang baik mengenai judul-judul lagu. Dalam kondisi tertentu, mungkin bakal cukup menjengkelkan bila tengah mendengar alunan lagu yang cukup enak tapi tidak mengetahui judulnya.

Baca juga: Cara Buka Kunci iPhone dengan Suara secara Mudah

Melalui fitur di iPhone tersebut, pengguna tak perlu bingung lagi ketika hendak mencari lagu tapi tidak mengetahui judulnya. iPhone bisa mencarikan judul lagu atas suara atau audio yang sedang berputar.

Lantas, bagaimana cara mencari lagu tapi tidak tahu judulnya di iPhone? Cari lagu dengan suara di iPhone dimungkinkan lantaran fitur Shazam yang terdapat di aplikasi bawaan bernama “Shortcuts”.

Shazam sendiri merupakan aplikasi pendeteksi lagu berdasarkan suara, yang sejatinya sudah cukup terkenal. Data koleksi judul lagu di Shazam cukup lengkap. Jadi, pengguna bisa mudah menemukan berbagai judul lagu berdasar suara yang tengah berputar.

Sejak diluncurkannya iOS 14, iPhone telah dibekali dengan fitur Shazam di aplikasi Shortcuts. Dengan terdapat fitur tersebut di aplikasi Shortcuts, pengguna tak perlu lagi mengunduh aplikasi Shazam secara terpisah dari App Store.

Bila hendak cari lagu dengan suara di iPhone melalui fitur Shazam pada aplikasi Shortcuts, berikut adalah penjelasan caranya.

Cara cari lagu dengan suara di iPhone

  • Buka aplikasi Shortcuts di iPhone.
  • Selanjutnya, ketuk opsi “Pintasan Shazam” yang berada di menu “Pintasan Awal”.
  • Dekatkan iPhone dengan sumber suara.
  • Setelah itu, Shazam bakal terbuka dan mulai mendeteksi suara yang tengah diputar di sekitar iPhone.
  • Selesai mendeteksi, Shazam bakal memberikan informasi mengenai judul lagu atas suara atau audio yang tengah berputar tersebut.

Ilustrasi cara cari lagu dengan suara di iPhone via aplikasi Shortcuts.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cari lagu dengan suara di iPhone via aplikasi Shortcuts.

Baca juga: Tips Membersihkan Speaker iPhone dari Air dan Debu dengan Mudah

Cukup mudah bukan untuk cari lagu dengan suara di iPhone? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi iOS 15.5. Beda versi iOS yang digunakan, mungkin bakal beda pula letak opsinya.

Demikian penjelasan seputar cara cari lagu dengan suara di iPhone tanpa aplikasi tambahan, menggunakan fitur Shazam di aplikasi Shortcut, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com