Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 11/08/2022, 07:13 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Setelah bocorannya beredar luas di dunia maya, Samsung akhirnya resmi meluncurkan ponsel lipat (foldable phone) terbarunya dari seri Galaxy Z Series, yaitu Galaxy Z Fold 4 dalam sebuah acara virtual yang digelar pada Rabu (10/8/2022) malam pukul 20.00 WIB.

Seperti namanya, perangkat yang diluncurkan dalam ajang "Samsung Galaxy Unpacked" ini merupakan suksesor dari Galaxy Z Fold 3 yang diluncurkan pada 2021 lalu.

"Ini adalah generasi terbaru dari Galaxy Fold, ponsel lipat yang terkuat yang pernah ada di dunia," kata President and Head of MX Business Samsung Electronics, TM Roh dalam peluncuran Galaxy Unpacked.

Sebagai penerus, Samsung tentunya menghadirkan sejumlah peningkatan di Galaxy Z Fold 4, termasuk dalam aspek desain. Seperti apa desain dan spesifikasi Galaxy Z Fold 4?

Baca juga: Cara Nonton Peluncuran Samsung Galaxy Fold 4 dan Flip 4 Malam Ini

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 4

Mulai dari segi desain. Kini, bezel di layar utama (main screen) Galaxy Z Fold 4 sedikit lebih tipis lantaran panel layarnya lebih lebar 3 mm.

Tak haya di main screen, bezel di layar sekunder (cover screen) ponsel lipat ini juga turut lebih tipis karena panel layarnya lebih lebar 2,7 mm.

Dengan panel yang lebih lebar ini, area pandang dan ruang layar yang bisa dipakai pengguna otomatis akan lebih luas dibanding Galaxy Z Fold 3.

Bagian depan Samsung Galaxy  Z Fold 4.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Bagian depan Samsung Galaxy Z Fold 4.

Meski demikian di atas kertas, ukuran layar Galaxy Z Fold 4 sama persis dengan Galaxy Z Fold 3. Ketika dibentangkan, Galaxy Z Fold 4 mengusung layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 7,6 inci dengan resolusi 2176 x 1812 piksel dan refresh rate 120 Hz.

Kemudian setelah dilipat layaknya sebuah buku, pengguna bakal disuguhkan dengan layar sekunder berpanel Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,2 inci, resolusi 2316 x 904 piksel, dan refresh rate 120 Hz.

Masih soal desain, layar Galaxy Z Fold 4 juga diklaim lebih kokoh dibanding generasi sebelumnya. Sebab, baik main screen dan cover screen ponsel lipat ini dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass Victus Plus.

Samsung tidak menjelaskan lebih lanjut setangguh apa Gorilla Glass Victus Plus apabila dibandingkan dengan Gorilla Glass Victus "reguler" seperti pada Galaxy Z Fold 3.

Namun, mereka mengeklaim bahwa ponsel lipat tersebut kuat dilipat dan dibentangkan berkali-kali hingga 200.000 kali.

Selain itu, bagian cangkang ponsel ini juga diklaim kokoh lantaran mengadopsi material Armor Aluminum, sedangkan bagian bingkai (frame) serta engsel (hinge) mengadopsi material metal.

Peningkatan kamera

Bagian punggung Samsung Galaxy Z Fold 4.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Bagian punggung Samsung Galaxy Z Fold 4.

Peningkatan lainnya berasal dari sektor kamera. Jumlah kamera yang ada di Galaxy Z Fold 4 sebenarnya sama dengan Galaxy Z Fold 3, yaitu tiga kamera belakang, satu kamera di bagian main screen, dan satu kamera lagi di bagian cover screen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com