Pertama Kali di AS, Layanan "Streaming" Ungguli TV Kabel

Kompas.com - 20/08/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Kepopuleran televisi kabel kian tergerus oleh layanan menonton konten berbasis internet (streaming).

Kini, untuk pertama kalinya, penonton di rumah tangga di Amerika Serikat (AS) lebih banyak menghabiskan waktunya menonton siaran di layanan streaming macam Netflix, YouTube, dan Disney+, ketimbang menonton TV kabel.

Hal tersebut terungkap dari laporan terbaru Nielsen, perusahaan informasi dan media global yang fokus melakukan riset terkait televisi dan media lainnya.

Menurut data Nielsen, layanan streaming di AS menyumbang 34,8 persen dari seluruh penayangan di TV. Angka itu sedikit mengungguli jumlah penayangan TV kabel yang sebesar 34,4 persen.

Baca juga: Netflix Kehilangan Hampir 1 Juta Pelanggan, Terbanyak Sepanjang Sejarah

Meski selisihnya tipis, tetap saja, data terbaru Nielsen ini mengindikasikan bahwa, kini, streaming merupakan cara paling populer untuk menikmati konten/tontonan di TV. Setidaknya mulai di AS, di mana penetrasi broadband-nya tergolong tinggi.

Sebagai perbandingan lain, persentase penyangan di TV teresterial (free to air/menggunakan antena) di AS jumlahnya hanya mencapai 21,6 persen.

Nielsen mengungkapkan, layanan streaming berhasil mendominasi penyangan di tengah pelambatan konten baru di televisi tradisional, dan berkurangnya program olahraga.

Perlu dicatat pula, Nielsen melacak data tersebut dari penyangan di TV saja. Data ini tidak termasuk penayangan di ponsel atau desktop, yang kemungkinan akan meningkatkan persentase penayangan streaming jauh lebih besar.

Netflix nomor satu

Layanan streaming ungguli TV kabel untuk pertama kalinya di AS pada Juli 2022, dengan Netflix sebagai layanan streaming terpopuler.Nielsen Layanan streaming ungguli TV kabel untuk pertama kalinya di AS pada Juli 2022, dengan Netflix sebagai layanan streaming terpopuler.
Menurut laporan Nielsen, pemirsa di AS menonton rata-rata 190,9 miliar menit konten streaming per minggu, pada Juli 2022.

Baca juga: Saingi Netflix, Disney+ Kini Makin Laris

Angka tersebut meningkat dari periode April 2020. Ketika itu, durasi menonton rata-rata pemirsa streaming di AS adalah sebesar 169,9 miliar menit per minggu.

Halaman:
Sumber Nielsen


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.