Kompas.com - 20/08/2022, 19:18 WIB

KOMPAS.com - Pengembang game Level Infinite resmi meluncurkan game Tower of Fantasy (TOF) pada 11 Agustus lalu. Game bergenre Massively Multiplayer Online Game (MMORPG) yang satu ini tersedia dan dapat dimainkan pada PC, Android, dan iOS.

Sejak pertama kali diumumkan, kehadiran Tower of Fantasy cukup dinanti lantaran digadang-gadang bakal menjadi pesaing baru dari game RPG populer, Genshin Impact.

Tercatat ada 4,1 juta pengguna yang telah melakukan pra-pendaftaran menjelang peluncuran game Tower of Fantasy.

Lalu, seperti apa keseruan yang ditawarkan Tower of Fantasy? Apakah game pendatang baru ini layak menyandang gelar sebagai rival dari Genshin Impact?

Baca juga: Sama-sama Game Open World, Ini Bedanya Game Tower of Fantasy dan Genshin Impact

Untuk menemukan jawabannya, KompasTekno mencoba menjajal Tower of Fantasy versi PC menggunakan laptop Asus ROG Strix G71 dengan spesifikasi hardware yang terdiri dari prosesor Ryzen 5, GPU Nvidia RTX 3050, RAM 8 GB dan storage 500 GB.

Dengan spesifikasi ini, KompasTekno dapat menjalankan game Tower of Fantasy menggunakan pengaturan grafis tertinggi alias "rata kanan" dengan refresh rate 90 Hz.

Modifikasi karakter

Sebelum terjun ke dalam permainan, pemain akan terlebih dahulu diminta untuk memilih server. Pada kesempatan kali ini, KompasTekno memilih server Sushi di wilayah (region) Southeast Asia.

Aktivitas pemain di server ini cukup padat, namun KompasTekno berhasil masuk ke server dengan lancar di siang hari.

Akan tetapi, KompasTekno sempat beberapa kali gagal masuk ke dalam game lantaran banyaknya pemain yang mengantre masuk ke dalam server di waktu malam hari.

Setelah berhasil masuk ke dalam game, pemain akan disambut dengan sedikit cuplikan dan plot cerita. Selanjutnya, pemain akan diminta untuk membuat sebuah karakter.

Karakter inilah yang nantinya akan digunakan pemain untuk berpetualang dan berinteraksi dengan orang lain serta Non-Player Character (NPC) yang tersebar di dalam game.

Layaknya game MMORPG kebanyakan, Tower of Fantasy memberikan kebebasan untuk memodifikasi karakter sesuai dengan keinginan pemain.

Tampilan saat proses pembuatan karakter di game Tower of Fantasy.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Tampilan saat proses pembuatan karakter di game Tower of Fantasy.

Pemain dapat mengatur model dan warna rambut, jenis pakaian, memilih bentuk mata, hidung, bibir, wajah, hingga menyesuaikan tinggi badan karakter.

Untuk mempermudah proses pembuatan karakter, pemain juga dapat memilih desain karakter yang sudah dibuat dan siap pakai (pre-set).

Game ini juga menyediakan kreasi desain karakter yang dibuat oleh pemain. Sejumlah desain karakter yang populer kemudian dipajang dan dijadikan pre-set sehingga bisa digunakan oleh pemain lainnya.

Baca juga: Link Download dan Spesifikasi Minimum untuk Main Tower of Fantasy, Game Saingan Genshin Impact

Uniknya, kreasi desain karakter ini ada yang nampak menyerupai karakter dari film atau game lain. Di antaranya seperti Madara dari serial anime Naruto, hingga Diluc dan Bennet yang merupakan karakter orisinal dari game Genshin Impact.

Grafis yang memanjakan mata

Jetpack bisa digunakan untuk terbang melintasi wilayah dari ketinggian.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Jetpack bisa digunakan untuk terbang melintasi wilayah dari ketinggian.

Setelah selesai membuat karakter, pemain akan diundang untuk langsung melihat sedikit porsi dari keindahan planet Aida.

Pemain dapat melihat pemandangan lembah yang dipadati dengan pepohonan, sungai yang mengalir jernih, hingga cakrawala yang membentang luas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.