Kompas.com - 26/08/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan Daerah Air Minum atau yang biasa dikenal dengan PDAM, merupakan badan usaha milik daerah yang memiliki layanan utama untuk menyediakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Kantor PDAM hadir hampir di setiap kota atau kabupaten di Indonesia. Masyarakat yang hendak mengurus layanan PDAM bisa langsung mengunjungi kantornya. Misalnya, saat hendak melakukan pembayaran biaya langganan layanan air bersih dari PDAM.

Baca juga: Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan via BCA Mobile

Sebagaimana umum diketahui, layanan air bersih dari PDAM tidaklah gratis. Masyarakat yang telah terdaftar sebagai pelanggan  perlu membayar tagihan tiap bulannya secara tepat waktu ke PDAM.

Bila tagihan telat atau tidak dibayar, pelanggan bakal dikenai denda yang besarannya bisa berbeda-beda, sesuai ketentuan dari PDAM di tiap daerah. Supaya tak didenda, pelanggan senantiasa harus melakukan pembayaran tagihan tepat waktu.

Sementara itu, pembayaran tagihan mungkin bakal cukup merepotkan bila pelanggan harus datang ke kantor PDAM secara langsung. Selain dengan mengunjungi langsung ke kantor PDAM, apakah bayar PDAM bisa online?

Kini, pelanggan layanan air minum dari PDAM sejatinya bisa melakukan pembayaran tagihan secara online melalui berbagai platform, salah satunya seperti aplikasi Shopee. Lantas, bagaimana cara bayar PDAM online via Shopee?

Bila Anda hendak melakukan pembayaran PDAM secara online, berikut adalah cara bayar PDAM online via Shopee dengan mudah.

Cara bayar PDAM online via Shopee

  • Buka aplikasi Shopee di ponsel, pastikan telah login menggunakan akun Anda.
  • Pada halaman awal aplikasi klik menu “Pulsa, Tagihan & Tiket”.
  • Setelah itu, pilih menu “PDAM”.
  • Masukkan data kota atau kabupaten tempat Anda terdaftar sebagai pelanggan PDAM.
  • Masukkan pula nomor pelanggan atau ID pelanggan PDAM milik Anda, lalu klik opsi “Lanjutnkan”.
  • Bila nominal tagihan telah muncul, Anda bisa melakukan pembayaran PDAM dengan memilih metode yang tersedia di Shopee.
  • Untuk bayar PDAM online via Shopee, caranya bisa dilakukan lewat transfer ke Virtual Account bank BCA, BRI, MANDIRI dan BNI. Atau, bisa juga lewat dompet digital ShopeePay.
  • Selesaikan pembayaran sesuai instruksi dari metode yang dipilih.
  • Kemudian, pembayaran tersebut akan diverifikasi. Proses verifikasi pembayaran PDAM tersebut umumnya membutuhkan waktu hingga maksimal 1x24 jam hari kerja.

Ilustrasi cara bayar PDAM online via Shopee.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara bayar PDAM online via Shopee.

Cukup mudah bukan untuk bayar PDAM online via Shopee? Demikianlah penjelasan seputar cara bayar PDAM online via Shopee dengan mudah.

Baca juga: Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan via Aplikasi BRImo

Sebagai informasi tambahan, cara di atas sendiri dijajal pada ponsel dengan sistem operasi iOS 15.5. Beda wadah yang dipakai untuk mengakses aplikasi Shopee, mungkin bakal beda pula letak opsinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.