Tema Ini Bisa "Sulap" HP Xiaomi Jadi Mirip iPhone 14 Pro

Kompas.com - 19/09/2022, 07:40 WIB

KOMPAS.com - iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, membawa perombakan cukup banyak dibanding generasi sebelumnya. Paling kentara ada di sisi tampilan depan. Kini, "poni" atau notch panjang nan lebar tak lagi menghiasi dahi iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Alih-alih, "poni" itu diubah menjadi sebuah punch hole atau lubang kamera unik yang bisa "berubah" sesuai dengan penggunaan iPhone.

Baca juga: Mengenal Dynamic Island, Poni Baru di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max

Lubang kamera itu bernama "Dynamic Island". FItur ini spesial karena hanya hadir di versi "Pro". Tapi, HP Xiaomi juga bisa menjajal fitur "Dynamic Island", walaupun artifisial.

Seorang developer tema MIUI asal China, diketahui membuat sebuah tema yang bisa "menyulap" HP Xiaomi agar tampak seperti iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Tema itu bernama "Grumpy UI".

Baca juga: Daftar HP Xiaomi, Redmi, dan Poco yang Kebagian MIUI 14

Seorang YouTuber teknologi bernama Vaibhav Jain mengunggah informasi itu ke Twitter.
Lewat akun dengan handle @vvaiibhav, dia mengunggah sebuah video yang menunjukkan tema Grumpy UI

Mirip seperti di Dynamic Island, Grumpy UI juga menampilkan seksi "Now playing" (sedang diputar) di MIUI. Seksi itu menampilkan musik apa yang sedang diputar. Selain itu, Grumpy UI juga menyamarkan lubang kamera yang nangkring di pojok kiri atas layar.

Karena notch di Grumpy UI hanya artifisial, maka akan berbeda fungsi dan kemampuan dibanding Dynamic Island orisinil di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Grumpy UI menampilkan elemen berbentuk pil dan lingkaran yang terpisah. Kendati demikian, ukuran notch Dynamic Island maupun di Grumpy UI, sama-sama bisa berubah sesuai penggunaan ponsel. Berikut perbandingannya.

Baca juga: Xiaomi Resmi Luncurkan Redmi A1 Tanpa MIUI

Perbandingan tampilan antarmuka MIUI (sebelah kiri) dan iOS 16 (sebelah kanan)Twitter dan Youtube/Apple Perbandingan tampilan antarmuka MIUI (sebelah kiri) dan iOS 16 (sebelah kanan)

Dilansir KompasTekno dari Notebook Check, Grumpy UI sudah tersedia di Theme Store.
Akan tetapi, tampaknya tema itu tidak tersedia bagi pengguna HP Xiaomi di luar wilayah China.

Kalaupun bisa mengunduh tema tersebut dengan bantuian VPN, belum tentu ROM di HP Xiaomi non-China mendukung tema ini.

Menurut prediksi, beberapa vendor smartphone Android akan membuat desain mirip seperti Dynamic Island dalam beberapa waktu ke depan. Untuk sementara, UI unik ini bisa menjadi alternatif jika penasaran dengan pengalaman ala Dynamic Island iPhone 14 Pro series di HP Android, seperti Xiaomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.