Cara Hapus File Lainnya di HP Xiaomi agar Storage Tidak Penuh

Kompas.com - 20/09/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Bagi pengguna HP Xiaomi, pernahkah Anda melihat file "others" atau "lainnya" di menu Storage? File tersebut rupanya cukup banyak memakan ruang penyimpanan. Bahkan, ukurannya bisa mencapai puluhan GB.

Biasanya, File Lainnya di HP Xiaomi berisi salinan media yang dibutuhkan beberapa aplikasi, seperti WhatsApp, Instagram, Messenger, dan aplikasi media sosial lainnya agar bisa diakses secara offline.

Dari hari ke hari, ukuran File Others kian bertambah dan dapat memakan ruang di memori penyimpanan HP Xiaomi.

Nah, apabila File Lainnya semakin menumpuk dan membuat memori semakin penuh, Anda perlu membersihkannya. Lantas, bagaimana cara menghapus file Others atau File Lainnya di HP Xiaomi?

Baca juga: 3 Cara Cek IMEI di HP Xiaomi

Untuk mengetahuinya, silakan simak langkah-langkah berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Techbloat, Senin (19/9/2022).

Perlu diperhatikan bahwa langkah-langkah di bawah dilakukan dengan menggunakan smartphone Xiaomi Redmi Note 8 yang menjalankan sistem operasi Android 9 yang berlapis antarmuka MIUI 11.

  • Download aplikasi Storage Analyzer & Disk Usage di Google Play Store. Aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 7 MB, jadi pastikan masih ada cukup ruang untuk menginstalnya di perangkat
  • Lalu, buka aplikasi dan klik "Gain Permission" untuk memberikan izin aplikasi mengakses memori penyimpanan di HP

Cara menghapus file Others/Lainnya di HP Xiaomi.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menghapus file Others/Lainnya di HP Xiaomi.

  • Kemudian, klik tab "File Categories" yang terletak di pojok kiri atas aplikasi
  • Pilih opsi "Others" dan klik file yang berada tepat di bawah "Others" seperti yang tertera pada gambar di bawah

File Others/Lainnya yang ada di HP Xiaomi bisa dihapus untuk melegakan ruang penyimpanan.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama File Others/Lainnya yang ada di HP Xiaomi bisa dihapus untuk melegakan ruang penyimpanan.

  • Setelah file dipilih, tekan ikon di pojok kanan atas aplikasi dan pilih opsi "Select All"
  • Klik ikon "tekan sampah" dan klik "Ok" untuk menghapus file
  • Proses ini dapat memakan waktu dalam hitungan menit.

Baca juga: Daftar Harga HP Xiaomi dan Poco Terbaru per Agustus 2022

Setelah proses menbersihkan File Others di HP Xiaomi berhasil, Anda bisa melihat ukuran file "Others" di HP Xiaomi telah berkurang. Demikain cara menghapus File Lainnya di HP Xiaomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Techbloat


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.