Alasan ZTE Kembali ke Pasar Smartphone Indonesia yang Makin Kompetitif

Kompas.com - 21/09/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sempat absen dari industri smartphone Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, ZTE "comeback" ke pasar ponsel Tanah Air. Tak tanggung-tanggung, vendor smartphone asal China itu meluncurkan tiga smartphone sekaligus.

Ketiga smartphone itu adalah ZTE Blade V40 Vita, ZTE Blade A72, dan ZTE Blade A52. Lantas, di tengah ketatnya kompetisi smartphone di Indonesia, apa alasan ZTE kembali menjual ponselnya di Tanah Air?

Senior Vice President of ZTE Corporation Mei Zhonghua menjelaskan bahwa keputusan ini diambil lantaran ZTE melihat besarnya peluang bisnis di Indonesia yang bisa dimanfaatkan perusahaan.

Baca juga: ZTE Resmi Luncurkan 3 HP Android Blade di Indonesia, Harga Mulai Rp 1,75 Juta

"Indonesia adalah salah satu pasar potensial terbesar kami di kawasan ini dan kami yakin bahwa produk kami dapat menarik perhatian pengguna di Indonesia," tutur Zhonghua dalam acara peluncuran yang digelar di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022).

Sebetulnya, ZTE bukanlah pemain baru di Indonesia. Zhonghua mengatakan, ZTE sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1998. ZTE pernah menjual smartphone buatannya di Indonesia selama beberapa tahun.

Di tahun 2017 misalnya, ZTE mencoba peruntungan dengan menjual sub-merek ZTE, Nubia di Indonesia. Akan tetapi, merek itu seolah tenggelam dan hanya eksis sekitar dua tahun.
Sejak itu, smartphone anyar merek ZTE belum terdengar lagi di Indonesia.

ZTE hadir kembali di Indonesia lewat kerja sama dengan perusahaan peretail Erajaya Digital, usai ditekennya Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua perusahaan pada Juli 2022 lalu.

Berperan sebagai distributor ZTE di Indonesia, Erajaya berkomitmen membantu memasarkan smartphone terbaru ZTE di Indonesia dengan memberlakukan program eksklusif seperti Erajaya Gift Card, membership Eraclub dan masih banyak lagi.

"Saya cukup yakin bahwa memang support Erajaya cukup kuat untuk memastikan penjualan, baik di sisi retail kami dan distribusi akan dioptimalkan sebisa mungkin untuk membantu ZTE ke pasar Indonesia lagi," jelas CEO of Erajaya Digital, Joy Wahyudi.

Baca juga: Smartphone Gaming ZTE Akan Hadir di Indonesia?

Langkah awal comeback-nya ZTE di Indonesia didahului dengan diluncurkannya tiga lini smartphone Blade yang tergolong sebagai perangkat kelas entry-level, yakni ZTE Blade V40 Vita, ZTE Blade A72, dan ZTE Blade A52.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.