BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Sedang Tren, Bisakah Flagship Smartphone Digunakan untuk Membuat Video Sinematik Prewedding?

Kompas.com - 22/09/2022, 18:31 WIB

KOMPAS.com - Video sinematik kini sedang menjadi tren di tengah masyarakat. Konsep video ini bahkan sudah mulai digunakan untuk keperluan video pernikahan, terutama pranikah atau prewedding.

Seperti diketahui, menjelang resepsi pernikahan, calon pengantin biasanya melakukan serangkaian pemotretan dan perekaman prewedding.

Konsep prewedding umumnya mengangkat tema dari hal-hal yang menggambarkan hubungan calon pengantin, seperti tapak tilas hubungan mereka sejak awal hingga ke jenjang pernikahan.

Baca juga: Viral, Video TikTok Foto Prewedding di SPBU yang Dikomentari Erick Thohir

Hasil foto ataupun video prewedding akan dipasang dan diputar saat resepsi pernikahan. Oleh karena itu, pasangan pengantin ingin foto dan video prewedding terlihat istimewa sehingga berkesan bagi mereka ataupun tamu undangan.

Maka tak heran, konsep video sinematik yang biasanya ada pada film ikut digunakan untuk video prewedding. Tengok saja sejumlah video pendek prewedding di Youtube. Hampir semua video prewedding terbaru yang diunggah memakai konsep sinematik.

Video tersebut umumnya dibuat oleh videografer menggunakan kamera digital single lens reflex (DSLR), kamera mirrorless, atau action camera yang dipasang pada drone.

Akan tetapi, dengan kemajuan teknologi, tak tertutup kemungkinan pula flagship smartphone digunakan untuk keperluan tersebut. Sebagai contoh, Oppo Find X5 Pro 5G.

Kemampuan perekaman video sinematik Oppo Find X5 Pro 5G telah dibuktikan oleh sejumlah sineas, seperti Riri Riza, Agan Harahap, Muhammad Fadli, dan Martin Westlake.

Riza mengatakan, teknologi terbaru pada Oppo Find X5 Pro 5G bisa digunakan untuk pembuatan film atau video sinematik. Contohnya Hasselblad Natural Color Calibration yang mengandalkan sensor warna 13-channel baru.

Berkat fitur tersebut, Oppo Find X5 Pro 5G mampu menghasilkan video dengan warna yang lebih realistis dan akurat.

Baca juga: Dilengkapi ColorOS 13, Oppo Find X5 Pro 5G Jadi Bukti Komitmen Oppo akan Produk Berkualitas

Fadli juga merasakan sendiri kemampuan flagship smartphone terbaru dari Oppo tersebut untuk pembuatan video sinematik. Menurutnya, kamera hasil racikan Oppo dan Hasselblad dapat menangkap gambar secara detail dengan noise yang sangat minim, sekalipun diambil dalam kondisi minim cahaya.

“Bisa dilihat (di film Wild West) betapa keseluruhan detail gambar tertangkap dengan sempurna dan hasilnya sangat indah. Pencahayaan dramatis dan suara yang jernih mampu menghadirkan suasana sinematik yang mumpuni. Oppo Find X5 Pro 5G betul-betul mengubah paradigma kompleksitas pembuatan film menjadi lebih mudah dan hasilnya pun sungguh luar biasa," tutur Fadli.

Hal senada juga diungkapkan Agan yang tertarik pada fitur 5-Axis optical image stabilization (OIS) di smartphone tersebut.

Teknologi 5-Axis OIS menawarkan stabilisasi hingga tiga derajat atau tiga kali lebih besar ketimbang teknologi OIS konvensional. Teknologi tersebut diklaim 65 persen lebih baik dalam meredam goyangan pada kondisi minim cahaya. Berkat fitur tersebut, Oppo Find X5 Pro 5G mampu menghasilkan video yang lebih stabil, akurat, dan berkualitas tinggi.

Baca juga: Bisakah Flagship Smartphone Digunakan untuk Bikin Film? Ini Kata Riri Riza dan Agan Harahap

"Fitur 5-axis OIS dapat mengurangi efek handshake, noise, dan mempertajam hasil gambar saat merekam video. Tentu saja hal ini membuat hasil rekaman terlihat lebih cantik dan stabil. Apa pun obyeknya, kemampuan Oppo Find X5 Pro 5G dalam menangkap gambar membuat karya yang dihasilkan menjadi lebih indah berkat hasil yang tajam dan suara yang jernih,” terang Agan.

Lebih dekat dengan Oppo Find X5 Pro 5G

Oppo memang tidak sembarangan dalam menyematkan fitur dan teknologi terbaru pada smartphone-nya. Selain Hasselblad Natural Color Calibration dan 5-axis OIS yang telah disebutkan, Oppo juga menyematkan neural processing unit (NPU) MariSilicon X yang dikembangkan secara khusus untuk smartphone keluarannya, seperti Find X5 Pro 5G.

Hasil tangkapan kamera Oppo Find X5 Pro 5G yang menggunakan teknologi Hasselblad. Oppo Indonesia Hasil tangkapan kamera Oppo Find X5 Pro 5G yang menggunakan teknologi Hasselblad.

NPU berarsitektur 6 nanometer (nm) tersebut dibekali artificial intelligence noise reduction (AINR) yang dapat menjaga kualitas video agar lebih halus dan akurat. MariSilicon X juga dapat mendeteksi dan mengurangi noise pada setiap video yang diambil. Berkat NPU ini, perekaman video menggunakan Oppo Find X5 Pro 5G memiliki performa 20 kali lebih baik ketimbang seri terdahulu.

Untuk keperluan pembuatan video sinematik pada kondisi minim cahaya, Oppo sudah membekali Find X5 Pro 5G dengan tiga fitur unggulan, yakni 4K Ultra Night Video, Ultra Dark Video, serta Ultra Night Video.

Fitur 4K Ultra Night Video membuat pengguna dapat merekam video pada malam hari dengan pemrosesan gambar yang jelas dan realistis tanpa membuat efek berlebih. Selanjutnya, fitur Ultra Dark Video mampu menangkap detail video pada malam hari, bahkan dalam kondisi cahaya yang redup.

Baca juga: Ini yang Bikin Kamera Oppo Find X5 Pro 5G Punya Performa Jempolan

Dengan sejumlah fitur video tersebut dan juga kamera utama beresolusi 50 megapiksel (MP) bersensor Sony IMX 766, kamera ultrawide 50 MP, serta kamera telefoto 13 MP dengan 5 kali hybrid optical zoom dan 20 kali digital zoom, Oppo Find X5 Pro 5G bisa digunakan untuk pembuatan video sinematik prewedding.

Apalagi, flagship smartphone tersebut sudah dilengkapi chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang mampu meningkatkan kinerja hingga 30 persen dan menghemat daya ketimbang prosesor seri sebelumnya. Performanya semakin gahar dengan random access memory (RAM) 12 gigabita (GB) serta penyimpanan internal (ROM) 256 GB.

Terkait daya, Oppo Find X5 Pro 5G dibenamkan baterai berkapasitas 5.000 miliampere per hour (mAh) dengan teknologi fast charging 80W SuperVOOC yang bisa mengisi baterai hingga 50 persen dalam 12 menit.

Varian Oppo Find X5 Pro 5G hadir dalam dua pilihan warna, Ceramic White dan Glaze Black. Oppo Indonesia Varian Oppo Find X5 Pro 5G hadir dalam dua pilihan warna, Ceramic White dan Glaze Black.

Smartphone yang hadir dalam dua pilihan warna itu, yakni Glaze Black dan Ceramic White, juga dibenamkan teknologi pengisian daya cepat nirkabel 50W AirVOOC. Dengan teknologi ini, ponsel dapat terisi penuh hanya dalam 47 menit.

Baca juga: Selain Tampil Mewah, Oppo Find X5 Pro 5G juga Punya Baterai Berkapasitas Besar

Smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 14,99 juta itu juga dilengkapi dengan international protection (IP) 68 sehingga tahan air. Jadi, Oppo Find 5X Pro 5G tetap aman untuk merekam video sinematik prewedding di tepi pantai atau menggunakan properti cipratan air agar lebih dramatis.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Find X5 Pro 5G, silakan klik tautan berikut ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.