Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Ungkap Wujud Asli Pixel Watch, Meluncur 6 Oktober

Kompas.com - 23/09/2022, 14:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Google mengungkapkan tampang asli dan desain dari arloji pintar bikinannya, Pixel Watch, ke kanal Youtube Made by Google, Kamis (22/9/2022).

Namun, bocoran yang diperlihatkan tidak terlalu memiliki banyak kebaruan. Dikarenakan Google sendiri sudah mengungkapkan sejumlah spesifikasi dan tampilan dari Pixel Watch pada Mei lalu, dalam sebuah acara tahunan Google I/O 2022.

Kebaruan informasi yang ditemukan adalah Google akhirnya mengungkapkan tanggal perilisan resmi dari arloji pintar bikinannya. Informasi tersebut bukan dicantumkan ke dalam video, melainkan di deskripsi video.

“Bergabung bersama kami (di) siaran langsung #MadeByGoogle pada 6 Oktober pukul 10 pagi waktu setempat, Anda akan segera ingin menontonnya,” tulis Google di kanal YouTube Made by Google.

Baca juga: Pixel Watch Resmi Diperkenalkan, Smartwatch Pertama Google

Dengan cuplikan singkat berdurasi 51 detik itu, Google menunjukkan desain dan tampilan Pixel Watch dari berbagai macam sudut. Beberapa model juga turut memakai Pixel Watch, sehingga konsumen bisa mendapat gambaran terkait seberapa besar ukuran arloji jika dipakai di pergelangan tangan.

Sebagai arloji pertama yang diluncurkan oleh Google, pihak perusahaan masih belum membocorkan banderol harga dari produk ini.

Bocoran terbaru yang beredear adalah Pixel Watch dipatok mulai dari harga 350 dollar AS (Rp 5,25 juta), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNET, Jumat (23/9/2022).

Untuk lebih jelasnya tentang Pixel Watch bikinan Google, simak spesifikasi arloji pintar berikut ini.

Desain Pixel Watch

Ilustrasi Pixel Watch (Youtube/Made by Google)Youtube/Google Ilustrasi Pixel Watch (Youtube/Made by Google)

Arloji pintar ini didesain dengan memiliki layar berbentuk lingkaran yang dikelilingi bezel berwarna hitam. Sedangkan, keseluruhan bodi dari Pixel Watch dibalut oleh material berbahan stainless steel.

Di sisi kanan perangkat, Pixel Watch memiliki “mahkota” yang diposisikan berdampingan dengan sebuah tombol fungsi. Mahkota tersebut merupakan tombol fisik yang berfungsi sebagai tombol untuk mengakses daftar aplikasi (tombol Home).

Baca juga: Google Umumkan Tanggal Peluncuran Pixel 7 Series

Lalu, di sekeliling bodi perangkat, terdapat dua lubang kecil dan lubang speaker. Kemudian, di sisi bagian bawah Pixel Watch, juga terdapat rangkaian sensor yang berfungsi untuk menjalankan sejumlah fitur, misalnya memantau denyut jantung atau memonitor kualitas tidur.

Spesifikasi Pixel Watch

Perangkat ini berjalan dengan sistem operasi Google, yaitu WearOS 3 yang dilapisi antarmuka yang dapat menampilkan notifikasi dan petunjuk arah. Perangkat juga mendukung jaringan 4G LTE, GPS, dan kemampuan water resistant (anti air) yang mampu melindungi perangkat hingga kedalaman 50 meter.

Pixel Watch sendiri diposisikan sebagai arloji digital yang ekslusif untuk perangkat Android. Hal ini mengindikasikan bahwa arloji tersebut hanya bisa dihubungkan ke ponsel Android saja, setidaknya untuk OS Android 8.0 atau lebih baru.

Oleh karena itu, untuk menjalankan fitur yang ada di Pixel Watch, pengguna harus telebih dulu membuat akun Google. Fitur pendukung yang bisa dimanfaatkan dari arloji pintar ini terdiri dari Google Maps, Google Assistant, Google Wallet, dan Google Home.

Baca juga: Bocoran Wujud Produk Pertama Buatan Meta, Arloji Pintar Mirip Apple Watch

Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com