Google Chromecast Versi Murah Meluncur, Harga Rp 400.000-an

Kompas.com - 23/09/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Google resmi mengumumkan perangkat pemutar konten streaming Chromecast model baru dengan harga yang lebih murah dibanding Chromecast generasi pertama, namun dilengkapi dengan dukungan Google TV HD.

Google Chromecast baru ini bisa dibanderol murah karena tidak dibekali dukungan resolusi Ultra HD (4K) dan Dolby Atmos. Sebagai gantinya, perangkat ini menawarkan resolusi Full HD (1080 piksel) dengan dukungan high dynamic resolution (HDR).

Google terakhir kali meluncurkan Chromecast dengan Google TV versi 4K pada tahun 2020. Adapun versi Full HD diluncurkan kali ini untuk menjangkau lebih banyak konsumen yang mungkin memiliki TV yang tidak mendukung resolusi 4K.

"Kami memperluas lini Chromecast baru dengan Google TV (HD) dengan mempertimbangkan keterjangkauan dan membantu menghadirkan semua fitur favorit kami dari Chromecast dan Google TV ke lebih banyak orang," kata Google dikutip KompasTekno dari blog perusahaan, Jumat (23/9/2022).

Baca juga: Cara Mudah Menghubungkan PC, Mac, Android, dan iPhone ke TV Via Chromecast

Pada aspek desain, Chromecast baru dengan Google TV ini tampil seperti Chromecast 4K. Begitu pula dengan remote controlnya yang berguna untuk menavigasi menu atau memberikan perintah suara melalui tombol Google Assistant.

Hanya saja, perangkat ini hadir dalam kelir putih. Google tak merinci spesifikasi teknis Chromecast dengan Google TV HD. Namun chip dan RAM-nya lebih sederhana dibanding versi 4K.

Kendati demikian, Google menjanjikan pembaruan software yang membuat Chromecast baru ini memproses berbagai perintah dengan lebih lancar.

Dukungan Google TV pada perangkat ini juga bisa membuat pengguna mampu mengakses lebih banyak konten dari 10.000 lebih aplikasi, mulai dari HBO Max, Disney+ hingga Prime Video.

Google TV juga menawarkan konten yang beragam mulai dari film, siaran langsung TV, dan lainnya, sehingga pengguna tidak perlu berpindah aplikasi streaming.

Baca juga: Video TikTok Kini Bisa Ditonton di Android TV dan Chromecast

Untuk menghubungkannya ke TV, Chromecast dengan Google TV HD dilengkapi dengan dongle kecil yang mudah dipasangkan.

Halaman:
Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.