Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iOS 16.0.2, Perbaiki Kamera "Getar" iPhone 14 Pro

Kompas.com - 23/09/2022, 08:29 WIB
Lely Maulida,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple menggulirkan pembaruan iOS versi 16.0.2. Pembaruan ini ditujukan untuk mengatasi sejumlah bug atau kecacatan sistem yang dirasakan oleh pengguna iPhone 14.

Berdasarkan keterangan resmi Apple, iOS 16.0.2 memuat tambalan untuk mengatasi bug yang dialami oleh pengguna iPhone 14 dan iPhone model lain yang menjalankan iOS 16.

Bug yang dimaksud adalah kendala yang menyebabkan kamera pengguna iPhone 14 Pro tidak stabil bahkan tampak bergoyang serta fisik kamera bergetar, sehingga foto yang diambil jadi kurang jelas.

Baca juga: 2 Cara Update iOS pada iPhone via OTA dan iTunes dengan Mudah

Masalah lainnya yang diatasi oleh pembaruan ini yaitu bug yang menyebabkan notifikasi pop up copy dan paste yang muncul berulang kali, serta bug pada layar yang membuat tampilan ponsel tampak hitam dan tidak responsif.

Pembaruan iOS 16.0.2 juga akan memperbaiki masalah yang membuat layar beberapa model iPhone X, iPhone XR dan iPhone 11 menjadi tidak responsif, setelah update ke iOS 16. Berikut rincian bug yang diatasi oleh iOS 16.0.2 senbagaimana catatan Apple:

  • Kamera yang bergetar dan membuat hasil foto buram ketika memotret menggunakan aplikasi pihak ketiga di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max
  • Layar (iPhone) mungkin tampak hitam (blank) selama perangkat disiapkan
  • Copy dan paste antar aplikasi membuat permintaan izin muncul berulang kali
  • VoiceOver mungkin tidak tersedia setelah reboot
  • Mengatasi masalah layar yang tidak responsif pada beberapa iPhone X, iPhone XR dan iPhone 11

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

iPhone 14 alami bug tak lama setelah rilis

Bug-bug itu ditemukan pengguna tak lama setelah iPhone 14 diluncurkan dan didistribusikan ke konsumen. Namun kendala kamera yang bergetar menjadi masalah utama yang paling menarik perhatian, karena fisik kameranya bahkan bergetar saat pengguna merekam video di aplikasi, seperti Snapchat, TikTok atau Instagram.

Adapun masalah serupa, tidak ditemukan pengguna pada kamera bawaan iPhone 14 series. 

Saat masalah ini mencuat, Apple menganjurkan semua pengguna iPhone 14  yang terdampak, agar tidak membiarkan kameranya bergetar terus menerus karena akan membuat kerusakan pada komponen kamera. Perusahaan lantas menjanjkan pembaruan untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Viral Foto Jual Ginjal demi iPhone 14, Ini Faktanya

Sementara soal bug copy paste, Apple sebelumnya menjelaskan bahwa praktik itu abnormal karena seharusnya aplikasi tidak meminta izin akses clipboard setiap copy paste dilakukan.

Apple saat ini juga sedang mengerjakan pembaruan iOS 16.1 yang kabarnya akan rilis pada Oktober mendatang, bersamaan dengan iPadOS 16.1, dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Jumat (23/9/2022).

Baca juga: iOS 16 Bikin Boros Baterai iPhone? Coba Matikan Fitur Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com